Rektor dan Ketua Yayasan Diminta Turun Tangan

oleh -1008 klik
Syaiful, SE Ketua Cabang  IKA Universitas Bung Hatta Kota Tanjungpinang Provinsi Kepri.  IST
Syaiful, SE Ketua Cabang IKA Universitas Bung Hatta Kota Tanjungpinang Provinsi Kepri. IST

JERNIHNEWS.COM- Ketua Cabang Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Bung Hatta, Kota Tanjungpinang Provinsi Kepri, Syaiful SE meminta Rektor dan Ketua Yayasan Pendidikan Universitas Bung Hatta untuk segera turun tangan menyelesaikan konflik yang terjadi pada Alumni Universitas Bung Hatta.

Menurut Syaiful, gonjang-ganjing kepengurusan DPP IKA Universitas Bung Hatta sekaitan dengan Mubes VII IKA Universitas Bung Hatta tidak bisa dibiarkan berlarut-larut karena terjadi multiefek negatif atau berdampak buruk terhadap kampus yang pernah menjadi perguruan tinggi swasta terbesar di wilayah Sumatera itu.

"Dari keterangan beberapa rekan-rekan yang saya himpun diduga adanya keterlibatan oknum dosen dan salah seorang pembantu rektor dalam kekisruhan yang terjadi, jika benar hal demikian ini sangat memprihatinkan," sebut Syaiful dalam rilis yang diterima redaksi jernihnews.com sembari menyatakan The existence of alumni is outside the campus, but their role is to participate in advancing the university.

Syaiful mengatakan bahwa yang dikatakan alumni itu adalah yang sudah tamat dan jadi sarjana keberadaannya di luar kampus, dan turut berperan mendukung dan memajukan universitas. "Sudah alumni kok masih berada di dalam kampus ini kan lucu," ujarnya.

Jika masih berada dalam kampus belum alumni lah namanya. Jika dia bekerja di kampus itu namanya pengabdian, samalah dengan seseorang yg melanjutkan usaha orang tuanya, artinya tidak mandiri.

"Padahal banyak alumni Universitas Bung Hatta yang berprestasi di luar sana, ada jadi kepala daerah, pejabat di pusat, daerah, BUMN, di Polri, TNI, pengusaha sukses dan sebagainya, tentunya memiliki daya tarik tersendiri dan lebih memiliki nilai jual tinggi," kata Syaiful.

Lebih jauh Syaiful menjelaskan bahwa alumni dengan universitas saling berkaitan. Alumni memiliki peran besar dalam membantu pengembangan lembaga perguruan tinggi. Alumni menjadi role mode, sebagai inspirator, mentor karier, membantu akses ,referensi peluang pekerjaan bagi mahasiswa yang tamat . Alumni bisa menghasilkan jaringan dari mulut ke mulut yang tak ternilai antara jaringan sosial dan professional mereka. "Yang jelas alumni merupakan pendukung setia universitas dan sebagainya," beber pria asal Pariaman yang sukses di Kepri tersebut.

Dia sangat menyayangkan organisasi alumni terus berkonflik. Apalagi jika sampai ke ranah hukum. Tentu ini akan menjadi preseden buruk bagi kampus, akan menjadi alasan tersendiri bagi masyarakat malas merekomendasi anaknya kuliah di kampus Universitas Bung Hatta.

"Karena itu saya berharap kepada Rektor dan ketua yayasan untuk segera turun tangan mengatasi konflik ini. Jika terbukti adanya keterlibatan oknum pembantu rektor dan dosen, sebaiknya pihak yayasan dan rektor harus evaluasi keberadaan mereka di kampus Universitas Bung Hatta," kata Syaiful menegaskan. (r)