Kafilah 50 Kota Gelar Simulasi/Try Out Menuju MTQ Sumbar 2021

oleh -404 klik
Penampilan Kafilah Kabupaten Limapuluh Kota Cabang MSQ (Adit, Fadil dan Faruq) pada Simulasi/Try Out menuju MTQ Sumbar di Masjid Mukhsinin Kecamatan Mungka, Sabtu (09/10/2021) malam. MTQ Tingkat Provinsi Sumbar akan dilaksanakan di Kota Padang Panjang 12-19 November 2021. ERZ
Penampilan Kafilah Kabupaten Limapuluh Kota Cabang MSQ (Adit, Fadil dan Faruq) pada Simulasi/Try Out menuju MTQ Sumbar di Masjid Mukhsinin Kecamatan Mungka, Sabtu (09/10/2021) malam. MTQ Tingkat Provinsi Sumbar akan dilaksanakan di Kota Padang Panjang 12-19 November 2021. ERZ

JERNIHNEWS.COM-Persiapan terus dilaksanakan oleh kafilah Kabupaten Limapuluh Kota guna menuju Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021 di Kota Padang Panjang. Latihan terus dipermantap, termasuk di antaranya menggelar simulasi dan try out bagi para kafilah. Simulasi dan try out terbaru dilaksanakan, Sabtu (09/10/2021) malam di Masjid Mukhsinin, Kecamatan Mungka.

Simulasi kali kedua ini dibuka secara resmi oleh Kabag Kesra Kabupaten Limapuluh Kota Arwital mewakili Ketua Umum LPTQ Limapuluh Kota yang juga Wakil Bupati Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri.

Acara ini dihadiri Kepala Kantor Kemenag Limapuluh Kota yang diwakili Kasi Bimas Islam Buya H. Syafrijon, Anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Yosriadi, Camat Mungka Ricky Edward, Kepala KUA Mungka, Wali Nagari Mungka, para pelatih, official, orang tua/keluarga kafilah, jamaah masjid dan masyarakat lainnya.

MTQ Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2021 di Padang Panjang akan dilangsungkan pada 12 s/d 19 November 2021. Jumlah kafilah Limapuluh Kota yang berkompetisi di MTQ tersebut sebanyak 67 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 11 kafilah berasal dari Kecamatan Mungka. Warga Kecamatan Mungka patut berbangga, karena tiap MTQ selalu banyak para pecinta Quran dari kecamatan tersebut yang terpilih menjadi kafilah.

"Alhamdulillah Rumah Quran Kecamatan Mungka sudah banyak melahirkan para kafilah," sebut Ust. Syafril, SIQ yang malam itu diamanahkan sebagai pembawa acara simulasi dan try out.

Sebanyak 7 cabang yang ditampilkan. Di antaranya, Cabang Tilawah Kanak-kanak (Gufron Maulana Renof), Cabang Tilawah Anak-anak (Faraz), Cabang Tartil Dasar(Afif), cabang Hafiz 1 Juz Non Tilawah (Alsa), Cabang Qiraat (Maya Sari Wulan Dini) dan Cabang MSQ (Adit, Fadil dan Faruq).

Kasi Bimas Islam Buya H. Syafrijon mengajak para kafilah dan juga para hadirin agar selalu mencintai dan dekat dengan Alquran. Menurutnya banyak kebaikan yang diperoleh, apabila dekat dengan Alquran. Mantan Ketua MUI Kabupaten Limapuluh Kota itu juga memberikan contoh konkrit, ada 2 kafilah Limapuluh Kota yang diterima kuliah di Fakultas Kedokteran Unand tanpa tes, karena mereka adalah penghafal atau hafiz Alquran.

"Itu baru kebaikan di dunia yang diperoleh mereka selaku hafiz. Kalau kebaikan akhirat tentu jauh lebih besar lagi," kata Buya Syafrijon, saat menyampaikan kata sambutan dari Kepala Kantor Kemenag Limapuluh Kota.

Acara simulasi dan try out kafilah Kabupaten Limapuluh Kota ini berjalan lancar dan sukses. Para hadirin tampak kidmat menyaksikan penampilan dari para kafilah. Acara ini berlangsung sekitar 2 jam. Ini merupakan simulasi dan try out kedua. Yang pertama dilaksanakan di Masjid Jami' Nagari Batuampar, Kecamatan Akabiluru. Sedangkan yang ketiga akan dilaksanakan di Nagari Batu Balang, Kecamatan Harau. (erz)