Sabet 2 Emas Lagi, Sumbar Kini Posisi 10 PON XX Papua

oleh -329 klik
Perolehan medali PON XX Papua 2021. JNC
Perolehan medali PON XX Papua 2021. JNC

JERNIHNEWS.COM-Kontingen Sumbar memperoleh hasil manis pada Cabor Taekwondo dan Binaraga di ajang PON XX Papua 2021. Pada kedua cabor itu, Sumbar berhasil mendulang 2 medali emas. Dengan begitu Sumbar kini berada di posisi 10 klasemen perolehan medali.

Ya, kerja keras kontingen Sumbar di PON XX Papua 2021 membuahkan hasil. Tim dari Tuah Sakato berhasil menambah perolehan medali Senin (04/10/2021).

Emas kedua diraih oleh Taekwondoin Sumbar, Delva Riski di kelas O-73 kg saat bertarung di GOR Poltekbang Jayapura, Senin (04/10/2021). Di partai final, Delva menang saat menghadapi wakil Riau, Bella Oktafianti.

"Delva sejak awal memang diunggulkan mengamankan medali emas. Perlahan tapi pasti mengumpulkan satu persatu poin hingga mengunci pertandingan dengan skor 23-13," jelas Kabid Humas dan IT KONI Sumbar Rakhmatul Akbar.

Selain medali emas, Taekwondoin Sumbar lainnya juga meraih perunggu lewat Densa Mata Astrit. Di semifinal,. Taekwondoin yang turun di kelas U-73 ini dikalahkan Muhammad Rizaldi dari Jawa Barat dengan skor telak.

Manager tim Taekwondo Sumbar Budi Ilyas mengapresiasi perjuangan anak didiknya yang telah bertanding. Menurutnya Pengprov Taekwondoin Sumbar telah mampu merealisasikan target awal di PON Papua, yakni satu medali emas.

"Alhamdullilah, kita mampu meraih target satu emas. Capaian ini berkat dukungan masyarakat Sumbar serta Pemprov Sumbar. Jelang bertanding Wakil Gubernur Audy Joinaldy memberikan motivasi kepada Delva dan atlet lainnya," jelas Budi.

Sedangkan emas ketiga Sumbar disumbangkan binaragawan andalan, yakni Muswar alias Iwan Samurai pada kontes binaraga di Auditorium Universitas Cenderawasih, Senin (04/10/2021).

Bertanding di kelas yang mengantarkannya meraih medali serupa pada PON XIX Jawa Barat pada 2016 lalu, Iwan terlihat begitu tangguh bagi pesaing terdekatnya asal Bangka Belitung dan Jawa Tengah.

Iwan unggul atas Abdul Manan asal Bangka Belitung yang harus puas meraih medali perak. Sementara, binaragawan Taat Pribadi asal Jawa Tengah mendapatkan medali perunggu.

Sebelum PON dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo, emas pertama telah dipersembahkan oleh atlet gantole Sumbar, Yalatif.

Hingga pukul 18.00 WIB, menurut Rakhmatul Akbar, Sumbar telah meraih tiga emas, dua perak dan sembilan perunggu. Berada di peringkat 9 nasional dari 33 provinsi di Indonesia.

"Dengan keberhasilan Iwan Samurai hari ini, Sumbar sudah mengoleksi tiga medali emas dan kemungkinan akan terus bertambah karena masih ada cabang-cabang unggulan yang belum bertanding," kata Rakhmatul Akbar optimistis.(*)

Sumber:

  • Padek &
  • Ponxx2021papua.com