Risma ke Lubuk Alung, Janji Terima Anak Korban Longsor Bekerja di Kemensos

oleh -249 klik
Menteri Sosial RI Tri Rismaharini saat berkunjung ke lokasi bencana longsor di Pasie Laweh Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (02/10/2021). Mensos didampingi Gubernur Sumbar Mahyeldi, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, anggota DPR RI Jhon Kennedy Aziz dan lainnya. DISKOMINFOTIK SB
Menteri Sosial RI Tri Rismaharini saat berkunjung ke lokasi bencana longsor di Pasie Laweh Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (02/10/2021). Mensos didampingi Gubernur Sumbar Mahyeldi, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, anggota DPR RI Jhon Kennedy Aziz dan lainnya. DISKOMINFOTIK SB

JERNIHNEWS.COM- Menteri Sosial RI Tri Rismaharini didampingi Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi dan Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengunjungi korban longsor di Pasie Laweh Lubuk Alung dan banjir di Ulakan, Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (02/10/2021). Turut hadir Anggota DPR RI Jhon Kenedy Aziz, dan Lizda Hendra Joni.

Di Pasie Laweh, Risma menemui warga terdampak longsor yang kini mengungsi di beberapa rumah warga. Salah satunya adalah Kesayangan Nduru (21), anak satu-satunya yang selamat dari satu keluarga yang tertimbun longsor, Rabu, 29 September 2021. Sebanyak 7 anggota keluarga ini meninggal dunia dalam tragedi bencana itu.

Nduru yang tampak masih terpukul, disemangati oleh Risma agar tetap kuat dan tabah. "Kamu harus kuat, kamu harus kuat. Kamu tidak sendiri, ada kami di sini," ucap Risma sambil mengenggam kedua tangan mahasiswa yang akan wisuda Oktober ini.

Dalam kesempatan itu, Risma menyerahkan dana bantuan untuk korban meninggal kepada Nduru sebanyak Rp105 juta. Nduru yang ditemani kakeknya berharap Nduru mendapatkan pekerjaan setamat kuliah nanti.

Risma meminta Nduru untuk fokus menyelesaikan kuliahnya terlebih dahulu. Jhon Kenedy Aziz pun mengatakan akan merekomendasikan Nduru untuk bekerja di Kemensos setelah tamat kuliah nanti. "Saya akan merekomendasikan supaya kamu nanti bisa bekerja di Kemensos," ujar JhonKeneddy yang direspon anggukan oleh Menteri Tri Rismaharini.

Di Pasie Laweh, Risma juga menyerahkan bantuan untuk pengobatan korban longsor yang luka, sebanyak Rp 5 juta. Sekaligus mendata rumah yang terkena longsor untuk menerima bantuan rehab rumah.

Rombongan kemudian beranjak ke Ulakan, mengunjungi lokasi korban bencana banjir. Di sini, Risma menyerahkan santunan untuk korban meninggal dan bantuan sembako dan makanan anak untuk 209 keluarga yang terdampak bencana banjir.

Warga Nagari Ulakan, kepada menteri mengeluhkan kondisi mereka yang hampir tiap tahun menjadi korban banjir. Mereka berharap perhatian pemerintah daerah maupun pusat agar membangun tanggul pengaman di muara sungai.

Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi menyampaikan terimakasih atas kunjungan Menteri Risma. Buya mengatakan, Pemprov Sumbar bersama Pemkab Padang Pariaman telah melakukan penanganan darurat dan merelokasi warga korban longsor dan banjir.

"Atas nama Pemerintah Provinsi kita mengucapkan terimakasih atas perhatian Bu Menteri Risma dan sesuai arahan dan masukan Bu Menteri kita bersama Pemkab Padang Pariaman akan melakukan pendataan warga yang terdampak. Termasuk juga soal pembangunan tanggul di muara Sungai Ulakan segera kita tundaklanjuti melalui OPD terkait," kata Mahyeldi. (*)

Sumber: Diskominfotik Sumbar

Editor