Miliki Rusa Dilindungi, Seorang Warga Dharmasraya Jadi Tersangka

oleh -249 klik
Kapolres Dharmasraya AKBP Anggun Cahyono, SIK didampingi Wakapolres Kompol. Alwi Haskar memberikan keterangan pers, Kamis (30/09/2021) malam. DI
Kapolres Dharmasraya AKBP Anggun Cahyono, SIK didampingi Wakapolres Kompol. Alwi Haskar memberikan keterangan pers, Kamis (30/09/2021) malam. DI

JERNIHNEWS.COM- Salah seorang warga Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya FMR ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Dharmasraya, Rabu (29/09/2021). Pasalnya, FMR memiliki atau memelihara hewan yang dilindungi negara,yakni rusa sambar (rusa unicolor) sejak dua tahun lalu.

Kapolres Dharmasraya AKBP Anggun Cahyono, SIK, Kamis (30/09/2021) malam, menjelaskan kepada media ini, FMR melanggar UU Nomor 05 tahun 1990, pasal 40 Ayat 2.

Dikatakannya, menurut FMR, FMR memiliki dan memelihara satwa dilindungi berwarna coklat putih itu setelah mendapatkannya saat berburu di hutan Kenagarian Bonjo Kecamatan Koto Besar Kabupaten Dharmasraya. Ketika itu rusa sambar yang terpisah dari induknya itu ditangkapnya dan dibawa pulang ke Sitiung 1 Blok B Kenagarian Sungai Duo Kecamatan Sitiung.

Untuk lebih amannya kata Kapolres yang juga mantan Pengasuh Secaba Polda Metro Jaya itu, FMR memindahkan hewan tersebut ke rumah orang tua angkatnya di Pasir Mayang Kenagarian Bonjo Kecamatan Koto Besar.

Terungkapnya bahwa FMR memelihara hewan yang dilindungi jenis Rusa Sambar berkelamin betina yang sudah berumur dua tahun itu, karena FMR juga tersangkut kasus kepemilikan senjata api ilegal.

Pada Rabu (29/09) malam, jajaran Satreskrim setelah berkoordinasi dengan BKSDA dan PRSHD, mengamankan hewan tersebut dan membawanya ke Mapolres Dharmasraya. "Selanjutnya rusa sambar akan dititipkan di Pusat Rehabilitasi Satwa Hasyim Djojohadikusumo di PT.TKA," sebut Kapolres.

Kapolres mengimbau dan mengajak masyarakat untuk tidak menangkap dan memelihara satwa yang dilindungi karena dilarang oleh pemerintah. Biarkan hewan tersebut hidup liar di hutan dan berkembang. (di)