Sumbar Urutan Enam Perolehan Medali PON XX Papua

oleh -345 klik
Perolehan medali sementara PON XX Papua 2021 hingga Rabu (29/09/2021). JNC
Perolehan medali sementara PON XX Papua 2021 hingga Rabu (29/09/2021). JNC

JERNIHNEWS.COM-Hingga Rabu (29/09/2021), kontingen Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bertengger di urutan keenam perolehan medali pada ajang PON XX Papua 2021. Sumbar memperoleh 1 medali emas, 2 perak, dan 2 perunggu.

Kontingen Provinsi DKI Jakarta berada pada urutan teratas memperoleh medali terbanyak dengan jumlah 15 emas, 7 perak dan 9 perunggu. Di urutan kedua, Kontingen Provinsi Papua dengan perolehan 13 emas, 3 perak dan 9 perunggu. Kontingen Provinsi Jawa Barat berada di posisi ketiga, dengan perolehan medali 9 emas, 8 perak dan 12 perunggu.

Sedangkan pada posisi keempat, kontingen Provinsi Jawa Timur dengan perolehan medali 2 emas, 7 perak dan 4 perunggu. Provinsi Bali berada di posisi kelima dengan medali 1 emas, 2 perak dan 3 perunggu. Kontingen Provinsi Sumbar satu-satunya provinsi di wilayah Sumatera yang masuk 10 besar perolehan medali sementara PON XX Papua 2021.

Medali emas Sumbar diperoleh dari Cabang Gantole dengan atlet NSR Yalatif M, pada Rabu (29/09/2021). Sebelumnya di hari yang sama Tim Tuah Sakato juga memperoleh 1 medali perunggu dari Cabor Criket, setelah gagal mengalahkan atlet DKI Jakarta pada partai semi final di Lapangan Criket Doyo Baru.

Medali emas pertama untuk Sumbar disumbangkan Cabor Gantole dari nomor Ketepatan Mendarat (KTM) B Perorangan oleh NSR Yalatif M di Lapangan Advent Doyo Baru, Kabupaten Jayapura.

Rasa haru menyelimuti para atlet gantole Sumbar saat NSR Yalatif M berhasil mendarat tepat dengan catatan poin 0 (zero). Dengan capaian itu, Yalatif sukses mencatatkan tiga kali zero dalam 8 babak yang dijalankan.

Sebelumnya, Tim Gantole Sumbar Rajalul Fathani mengalami kecelakaan terbang di kelas A. Faktor angin berubah-ubah membuat Rijal kehilangan kendali hingga mendarat di padaock panitia. "Alhamdulillah tidak ada cedera serius," kata Rahkmatul Akbar, Kabid Humas dan IT KONI Sumbar. (erz)

Sumber:

Padek.co dan Republika