Asyik, Ada Rendang, Sanjai dan Cendol di Indonesia Food Bazaar New York 2021

oleh -536 klik
Suasana Indonesia Bazaar New York 2021, Minggu (19/09/2021). Aneka makanan khas Indonesia dipasarkan diperkenalkan dan dipasarkan di ajang ini. IST
Suasana Indonesia Bazaar New York 2021, Minggu (19/09/2021). Aneka makanan khas Indonesia dipasarkan diperkenalkan dan dipasarkan di ajang ini. IST

Penulis: Diana T (New York)

JERNIHNEWS.COM- Indonesia adalah negara yang unik dan kaya. Bukan hanya sumber daya alam yang berlimpah, tapi juga kebudayaannya yang unik serta bahasa dan beragam. Ratusan aneka makanan tradisinya juga khas dan enak. Pada Indonesia Food Bazaar New York 2021, Minggu (19/09/2021) puluhan makanan khas Indonesia disuguhkan. Rakyat Indonesia di New York dan juga warga AS serta lainnya menyambut gembira dan berburu aneka makanan khas itu.

Indonesia Food Bazaar 2021 dilaksanakan di Masjid Indonesia Al Hikmah New York di 31st Avenue LIC New York. Penulis menyempatkan diri untuk browsing ke semua tenda-tenda penjualan dan membeli beberapa makanan kesukaan. Beragam macam menu makanan, dessert, snack-snack traditional dan khas Indonesia mulai dari cilok, tapai, kue mangkok, tahu isi, risoles, cake gulung , teri dan kacang balado.

Baca Juga

Berikutnya juga ada pula keripik sanjai balado, bika, kue lapis, martabak manis, martabak telur, rumah makan Minang dengan menu khasnya termasuk rendang, ada es cendol, es campur duren, BBQ, bakso, miso, cenil, pecel , gado-gado, peyek dan lain lain, bikin ngences. Rasanya tidak kalah dengan yang asli dibuat di Indonesia karena bahan-bahan untuk membuatnya juga bisa dengan mudah ditemukan cuma harga mungkin lebih mahal karena kebanyakan bahan impor.

Indonesia juga memiliki kekayaan multi etnis bahasa daerah dan berbagai jenis makanan yang jumlahnya ratusan. Makanan Indonesia bukan hanya terkenal di dalam negeri saja tapi juga mendunia.

Makanan Indonesia memiliki cita rasa yang luar biasa. Beberapa makanan khas Indonesia yang sudah cukup terkenal hingga ke luar negri seperti rendang , nasi goreng, mie ayam, nastar dan lain-lain. Rendang yang merupakan masakkan asli dari Ranah Minang, Sumatera Barat sudah menjadi ikonnya Indonesia di mana-mana.

Rendang pernah menjadi 50 makanan terbaik di dunia dan yang terakhir berdasarkan survey CNN's World Best food tahun 2017, rendang merupakan the best or number one menu terenak yang digemari. Rendang yang banyak digemari di luar negeri biasanya "rendang basah" alias kalio daging kalau orang minang menyebutnya.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan tentang Indonesia dan paket keseluruhannya ke luar negeri supaya Indonesia bisa dikenal bukan hanya karena "Bali". Sebab masih banyak 'mutiara-mutiara Indonesia' yang bisa diolah, dikembangkan sebagai aset ikon Indonesia di mata dunia.

Salah satu cara yang sudah sering dilakukan adalah bazaar. Bazaar atau street market merupakan ajang pemeran atau iven yang bisa mempromosikan tentang Indonesia dan juga sekaligus produk-produk lokal Indonesia termasuk makanannya. Beberapa bulan ini, terutama di New York banyak iven-iven yang bisa dinikmati oleh warga Indonesia di Newyork dan juga oleh warga negara New York tentunya.

Sajiannya baik berupa panggung hiburan dangdut dalam pembukaan cafe dangdut Indonesia pertama di Time Square , New York dengan menu utama kopi khas Indonesia dan sebagainya. Sebelumnya juga ada Pasar Senggol (ISA Food Festival) yang diadakan di Greenpoint Terminal Market, Brooklyn , New York pada tanggal 28 Agustus 2021.

Di sana ada Indonesia food vendor, clothing, accessories, family fun & games dan traditional performance. Acara Pasar Senggolnya cukup ramai walau cuaca agak kurang mendukung karena mendung seharian diselingi hujan gerimis.

Pada tanggal 11 September 2021 juga diadakan Indonesia Food Bazaar di Broadway, Elmhurst. New York. Tempat acaranya sangat strategies dekat dengan area market yang banyak dikunjungi oleh orang-orang Asia dan Indonesia, apalagi cuaca juga bagus dan orang-orang pada keluar karena weekend. *