Buku Autobiografi Prof. Makmur Syarif Diluncurkan

oleh -720 klik
Buku Autobiografi 70 Tahun Prof. Dr. H. Makmur Syarif, SH, M.Ag, mantan Rektor IAIN Imam Bonjol Padang akan diluncurkan, Selasa 14-09-2021 di Aula Kampus UIN IB Padang. IST/JNC
Buku Autobiografi 70 Tahun Prof. Dr. H. Makmur Syarif, SH, M.Ag, mantan Rektor IAIN Imam Bonjol Padang akan diluncurkan, Selasa 14-09-2021 di Aula Kampus UIN IB Padang. IST/JNC

JERNIHNEWS.COM-Buku Autobiografi 70 Tahun Prof. Dr. H. Makmur Syarif, SH, M. Ag akan diluncurkan, Selasa (14/09/2021) di Aula Kampus UIN Imam Bonjol, Padang. Peluncuran itu juga disempurnakan dengan seminar dan bedah buku di lokasi yang sama. Keynote Speakernya, Prof. Dr. Azyumardi Azra (Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) dan Prof. H. Ganefri, Ph.D (Rektor UNP).

Peluncuran buku autobiografi. JNC
Peluncuran buku autobiografi. JNC

Buku autobiografi yang akan diluncurkan pada seminar dan bedah buku tersebut berjudul Intelektualitas dan Etos Religio-Sosial Anak Madrasah. Sebagai pembuka seminar dan bedah buku adalah Rektor UIN IB Padang Prof. Dr. Martin Kustati, M.Pd.

Di seminar ini akan diungkap dan dikupas oleh kedua keynote speaker isi buku autobiografi 70 Tahun Prof. Dr. H. Makmur Syarif, SH, M. Ag tentang hidupnya yang tidak terlepas dari suasana kehidupan Minangkabau, kehidupan madrasah dan keintelektualitasannya.

"Jadi ada 2 guru besar yang jadi keynote speakernya, yakni Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA, CBE dan Prof. Ganefri, Ph.D," kata, H. Afrinal, S.Sos, MH, Panitia Peluncuran Buku, Seminar dan Bedah Buku Autobiografi 70 Tahun Prof. Dr. H. Makmur Syarif, SH, M.Ag kepada jernihnews.com, Minggu (12/09/2021).

Prof. Makmur Syarif lahir 17 Juli 1951 di Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman. Dia adalah Rektor IAIN Imam Bonjol Padang Tahun 2011-2015 atau periode ke-15. Dia menempuh pendidikan di Sekolah Rakyat Kayutanam (1964), Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Tigo Nagari Kayutanam (1969, Tsanawiyah), dan Madrasah Tarbiyah Islamiyah Canduang Bukittinggi (1971).

Berikutnya, Makmur Syarif meraih gelar Sarjana Muda Fakultas Syariah IAIN Imam Bonjol di Bukittinggi tahun 1975. Selanjutnya meraih gelar Sarjana lengkap Fakultas Syariah IAIN Imam Bonjol di Padang di tahun 1979 dengan predikat mahasiswa terbaik.

Selama berstatus mahasiswa IAIN IB Padang, Makmur juga berstatus sebagai mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Andalas. Ia meraih gelar Sarjana Hukum Jurusan Hukum Tata Negara Prodi Hukum Perundang-undangan dari Universitas Andalas Padang pada tahun 1988. (erz)