BPP Sumpur Kudus dan Kamang Baru Ditunjuk Sebagai Pelaksana PLEK

oleh -608 klik
Kadis Pertanian Sijunjung, Ir. Ronaldi. IST
Kadis Pertanian Sijunjung, Ir. Ronaldi. IST

JERNIHNEWS.COM-Dua Balai Penyuluh Pertanian (BPP) di Kabupaten Sijunjung, yakni BPP Kecamatan Sumpur Kudus dan BPP Kamang Baru ditunjuk sebagai pelaksana Pelatihan Literasi Edukasi dan Keuangan (PLEK).

Sebelumnya, pelatihan yang sama telah dilaksanakan di BPP IV Nagari dan BPP Sijunjung dengan peserta sebanyak 29 Ketua Kelompok Tani beserta istri.

Kepala Dinas Pertamanan Kabupaten Sijunjung, Ronaldi didampingi Kepala Bidang PSP, Arwilson mengatakan, kegiatan PLEK di dua BPP tersebut akan diikuti 31 Ketua Kelompok Tani (Poktan) beserta isteri.

"BPP Sumpur Kudus sebanyak 16 pasangan suami isteri (Pasutri), dan BPP Kamang Baru 15 pasutri, " kata Ronaldi kepada wartawan via telepon selulernya, Minggu (12/09/2021).

Kegiatan PLEK tersebut, sambung Arwilson, akan dilaksanakan selama dua hari, yakni Senin dan Selasa (13-14/09/2021). Mereka, sebut Kabid PSP, akan diberikan materi, di antaranya pengenalan produk dan layanan keuangan formal, pembiayaan keuangan usaha tani, asuransi usaha tani padi.

Kemudian, konsolidasi pembiayaan usaha tani, perencanaan dan pengelolaan keuangan rumah tangga, pendapatan dan keuntungan, arus kas rumah tangga dan metodologi PLEK.

"Pemateri dalam pelatihan PLEK adalah penyuluh dan pendamping IPDMIP yang telah mengikuti pelatihan yang sama di Bapeltan Lampung, dan pihak perbankan dan Jasindo," ucapnya.

Menurutn Kabid PSP, kegiatan PLEK merupakan bagian program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) yang dilaksanakan BPSDMP Kementerian Pertanian.

Program ini, bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan, agar petani dapat menyusun dan merencanakan keuangan usaha tani sehingga keuangan usaha tani mereka dapat terkontrol dan dapat memanfaatkan layanan perbankan.

"Setelah pelatihan ini diharapkan, peserta dapat mengetahui dan merencanakan serta mengelola keuangan usaha taninya dengan baik, "katanya menandaskan. (zet)