Ratusan Kios Pasar Bawah Bukittinggi Terbakar

oleh -734 klik
Ratusan kios Pasar Bawah Bukittinggi terbakar, Sabtu (11/09/2021) pukul 02.00 WIB dini hari. NET
Ratusan kios Pasar Bawah Bukittinggi terbakar, Sabtu (11/09/2021) pukul 02.00 WIB dini hari. NET

JERNIHNEWS.COM-Pasar Bawah Bukittinggi, dilalap si jago merah pada pukul 02.00 WIB, Sabtu (09/11/2021). Musibah ini menyebabkan sekitar 300-an kios terbakar.

Belasan unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) turut dikerahkan dalam upaya memadamkan api. Setelah petugas pemadam kebakaran bahu-membahu selama hampir lima jam, api akhirnya bisa dipadamkan.

Kabid Damkar Kota Bukittinggi, Hafit, mengatakan pihaknya dihubungi adanya kebakaran di Pasar Bawah Bukittinggi sekitar pukul 02.00 WIB. Mendapat informasi itu, petugas Damkar pun langsung meluncur ke lokasi.

"Kami dapat berita lebih kurang pukul 02:00 WIB dini hari dan kami langsung meluncur ke TKP dengan mengerahkan semua mobil Damkar, yakni sebanyak 6 (enam) armada," ujar Hafit.

Dalam upaya pemadaman api, sebut Hafit, selain mengerahkan seluruh armada Damkar Kota Bukittinggi, sebanyak 6 unit juga dibantu 12 unit mobil damkar yang berdatangan dari daerah tetangga.

"Agam menerjunkan 3 unit, Limapuluh Kota 1 unit, Tanah Datar 1 unit, Kota Pariaman 2 unit, Kabupaten Padang Pariaman 2 unit, Kota Solok 1 unit, dan Kota Padang Panjang 2 unit," rinci Hafit.

Adapun jumlah kios dan lapak yang terbakar dalam musibah kebakaran ini, sebut Hafit, diperkirakan lebih kurang 300 unit.

"Sumber api belum bisa kita prediksikan dari mana asalnya. Begitu juga kerugian belum bisa kita perkirakan. Dan dalam musibah kebakaran ini tidak ada korban jiwa," sebut Hafit.

Pada bagian lain Susilo, Sekretaris Dinas Kebakaran Bukittinggi, api sudah berhasil dipadamkan sekitar pukul 04:00 dini hari. Belasan mobil pemadam kebakaran dilibatkan dalam proses pendinginan dan pemadaman api. Hingga pukul 08.00 WIB masih dilakukan pendinginan.

Pasar Bawah Bukittinggi terdiri dari kios dan toko yang menjual aneka barang kebutuhan harian. Biasanya pasar tersebut sudah ramai sejak dini hari. Pantauan Jernihnews.com, sehari sebelumnya kegiatan di Pasar Atas dan Pasar Bawah tetap berjalan sebagaimana biasanya. (erz)

Sumber:

TOP Sumbar & CNN Indonesia