Sudah 3 Pekan Kasus Covid-19 di Sumbar Terus Menurun

oleh -411 klik
Jasman Rizal Dt. Bandaro Bendang, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sumbar. IST
Jasman Rizal Dt. Bandaro Bendang, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sumbar. IST

JERNIHNEWS.COM-Kasus Covid-19 di Sumbar yang terpantau dan terdata oleh Satgas Penanganan Covid-19 Sumbar dalam tiga pekan belakangan terus menurun. Kondisi ini sangat menggembirakan.

"Alhamdulillah, sudah lebih 3 pekan menjelang 1 bulan, kondisi perkembangan Covid-19 di Sumbar sudah sangat menggembirakan. Testing Rate cukup tinggi dan positivity rate selalu berkecenderungan menurun tiap hari. Jumlah kesembuhan selalu lebih tinggi dari kasus pertambahan positif," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Subar Jasman Rizal Dt. Bandaro Bendang, Kamis (02/08/2021) pagi.

Menurut Jasman, Kasus aktif semakin menurun. Tiga pekan lalu kasus aktif kita masih di atas 15 ribuan. Hari ini terkonfirmasi pada angka 5 ribuan. Tingkat hunian rumah sakit untuk kasus berat dan kritis juga semakin menurun drastis dan alhamdulillah stok oksigen juga cukup. Pasien Covid-19 isolasi mandiri juga semakin menurun, seiring dengan semakin sedikitnya kasus pertambahan positif baru.

Disebut Jasman, capaian vaksinasi di Sumbar sebenarnya sangat tinggi jika dibandingkan dengan jumlah vaksin yang dijatahkan oleh pemerintah pusat ke Sumbar. Berapapun vaksin yang didistribusikan oleh pemerintah pusat ke Sumbar, paling lama 3 hari telah habis. Justru Sumbar kekurangan vaksin.

"Jadi kalau ada yang mengatakan capain vaksinasi di Sumbar rendah, itu sangat tidak tepat," katanya menegaskan.

Jasman yang juga Kadis Kominfo dan Statistik Sumbar, berharap kasus meninggal dunia akibat Covid-19 di Sumbar semakin kecil dan diharapkan tak ada lagi yang wafat akibat terpapar virus mematikan tersebut .

Perkembangan yang semakin membaik ini seiring dengan meningkatnya kepedulian semua pihak. Pemda Kabupaten dan Kota, tenaga kesehatan yang bekerja luar biasa, pers yang selalu nyinyir mengedukasi masyarakat dan yang terpenting adalah telah munculnya kesadaran masyarakat untuk melaksanakan prokes dengan baik dan benar.

"Mari laksnakan prokes yang ketat, saling mengingatkan, divaksin dan jangan lupa selalu berserah diri kepada Allah SWT. Jangan lengah. Waspadalah selalu terhadap Covid-19 dan itu harus bin wajib. Namuu takut berlebihanpun juga jangan. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT," kata Jasman menandaskan. (pr)