Bamus Nagari Se-Kecamatan Mungka Dilantik, Ini Nama-namanya

oleh -829 klik
Suasana pelantikan Bamus Nagari se-Kecamatan Mungka yang dihadiri Wabup Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri, Kamis (26/08/2021) di Aula Kantor Camat Mungka. IST
Suasana pelantikan Bamus Nagari se-Kecamatan Mungka yang dihadiri Wabup Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri, Kamis (26/08/2021) di Aula Kantor Camat Mungka. IST

JERNIHNEWS.COM-Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) melantik Badan Musyawarah Nagari se-Kecamatan Mungka, Kamis (26/08/2021) bertempat di Aula Kantor Camat Mungka.

Papan bunga ucapan selamat dari berbagai pihak. ERZ
Papan bunga ucapan selamat dari berbagai pihak. ERZ

Bamus Nagari yang dilantik berasal dari empat nagari yang ada di Kecamatan Mungka, yakni Nagari Mungka, Nagari Talang Maur, Nagari Sungai Antuan dan Nagari Jopang Manganti. Total jumlah Bamus Nagari seluruhnya sebanyak 26 orang, sudah termasuk unsur perwakilan perempuan.

Pelantikan juga dihadiri Camat Mungka Ricky Edward, Forkopimca, para Wali Nagari se-Kecamatan Mungka, para kepala jorong, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya. Kegiatan pelantikan menerapkan prokes Covid-19.

Wakil Bupati RKN dalam pidato sambutannya menyampaikan dua tema utama. Pertama, soal percepatan vaksinasi Covid-19, agar penyebaran virus corona dapat terus diminimalisir dan warga memiliki imun yang lebih kuat sehingga tidak mudah terpapar oleh virus yang mematikan itu.

Kedua, tentang strategi percepatan pembangunan nagari dengan pembiayaan di luar APBN (nagari). Nagari mesti memanfaatkan seluruh potensi yang ada jika ingin maju. Tidak saja bergantung dari APBN (nagari) yang jumlahnya sangat terbatas, sementara kebutuhan nagari dan masyarakat sangat banyak.

"Kami sampaikan dua tema besar. Pertama, soal percepatan vaksinasi Covid-19, dan kedua, strategi percepatan pembangunan nagari dengan pembiayaan di luar APBN (nagari)," kata Wabup Rizki, sebagaimana ditulis di FB-nya.

Masyarakat Kecamatan Mungka mayoritas berprofesi sebagai petani gambir dan beternak ayam petelur atau pun ayam pedaging. Sebagian lainnya bertani tanaman lainnya, ASN, karyawan BUMN/BUMD, pedagang, wiraswasta dan lainnya. Sebagian alamnya didominasi oleh perbukitan. Wilayahnya berbatasan dengan Kecamatan Guguk, Kecamatan Payakumbuh, Kecamatan Harau dan Kecamatan Bukit Barisan.

Berikut ini nama-nama Bamus Nagari se-Kecamatan Mungka yang dilantik:

Nagari Mungka:

  1. John Herli
  2. Adhil Edvin Dhiary
  3. Syahril Walzi
  4. Ahmadison
  5. Zulfia Edison
  6. Maizar
  7. Nursam

Nagari Talang Maur:

  1. Muhammad Zen
  2. Murni N
  3. Rio Anggara
  4. Anofrianto
  5. Aris Wandi
  6. Tito Musfikar
  7. Neneng Darlis

Nagari Jopang Menganti:

  1. Brian Dika Aminanda
  2. Aprinol Zikri
  3. Yefrizal
  4. Aldi Safdiarton
  5. Susi Delfia

Nagari Sungai Antuan:

  1. Haryanto
  2. Agil Pernando
  3. Nursyirwan
  4. Hangga
  5. Prima Maifirson
  6. Syamsuarman
  7. Yelni Putri

(erz)