Beli Kulkas Bekas, Pria Temukan Uang Rp1,3 Miliar di Dalamnya

oleh -652 klik
Ilustrasi membersihkan kulkas. NET
Ilustrasi membersihkan kulkas. NET

JERNIHNEWS.COM-Menemukan uang hingga miliaran rupiah jelas saja bukan sesuatu yang disangka ketika membeli kulkas bekas di toko online. Namun, siapa sangka peristiwa tersebut benar-benar terjadi dan dialami seorang pria.

Dikutip dari MBC, seorang pria di Korea Selatan (Korsel) menjadi sorotan publik lantaran menemukan 110 juta won atau setara Rp1,3 miliar di dalam kulkas bekas yang dibelinya di toko online atau olshop online. Pria itu menemukan uang tersebut dalam keadaan ditempelkan di bagian bawah kulkas.

Tentu kejadian tersebut tak disangka-sangka oleh pria yang tak mau memberikan identitasnya itu. Saking terkejutnya, pria yang tinggal di Pulau Jeju itu sampai melaporkannya ke pihak kepolisian.

"Itu adalah uang dengan jumlah yang sangat besar. Tidak masuk akal karena kami jarang dapat kasus seperti itu," ujar petugas kepolisian yang menangani kasus tersebut, sebagaimana dilansir dari Kumparan.

Diceritakan kronologinya, berawal dari pria tersebut membeli kulkas untuk kimchi secara online. Ketika membersihkan kulkas kimchi itu, ditemukan uang yang dibungkus dan ditempel dengan plastik transparan di bagian bawah kulkas.

Semua uang yang bergepok-gepok tersebut dalam pecahan 50 ribu won, yang merupakan nominal terbesar pada mata uang Korea Selatan. Kebanyakan orang akan tergoda menyimpan langsung mengambil uang temuan, namun tidak dengan pria itu. Dia justru melaporkannya ke kantor polisi.

Setelah dilaporkan pada 6 Agustus 2021, polisi langsung melacak pemilik sebelumnya. Mereka juga berusaha melacak orang-orang yang terlibat dalam pengiriman barang, dari awal hingga ke tangan pria asal Jeju tersebut.

Menurut Undang-Undang Korea Selatan tentang penemuan barang hilang, bila pemilik uang tak bisa ditemukan, penemu bisa menyimpannya. Hanya, penemu uang mesti membayar 22 persen untuk pajak.

Bila pemiliknya berhasil ditemukan, penemu uang wajib mendapat 5 sampai 20 persen uang kompensasi. Lalu, terakhir, bila uang tersebut berhubungan dengan kasus kriminal, akan langsung disita negara.

Mengenai menyimpan uang di kulkas kimchi, dilaporkan The Korea Times, memang kerap dilakukan beberapa orang kaya. Penyebabnya, jatuhnya angka pengembalian dari rekening tabungan lantaran suku bunga rendah.

Sementara, dari laporan itu juga dijelaskan bahwa kulkas kimchi bisa menampung lebih dari 1 miliar won atau setara Rp12,2 miliar bila yang disimpan adalah pecahan 50 ribu won.

"Para orang kaya menyimpan uang mereka di rumah dengan meletakkan sebagian di kulkas kimchi karena return kecil dari suku bunga bank yang rendah," kata Jang Min selaku petugas Bank of Korea (BOK) mengenai kasus viral tersebut. (pr)