250 Calon Mahasiswa ITP Jalur Beasiswa Seleksi Wawancara

oleh -461 klik
Rektor ITP, Dr. Ir. Hendri Nofrianto membuka kegiatan seleksi wawancara calon mahasiswa baru jalur beasiswa dengan dilaksanakan dengan sistem daring, Jumat (06/08/2021). DOK.ITP
Rektor ITP, Dr. Ir. Hendri Nofrianto membuka kegiatan seleksi wawancara calon mahasiswa baru jalur beasiswa dengan dilaksanakan dengan sistem daring, Jumat (06/08/2021). DOK.ITP

JERNIHNEWS.COM-Sebanyak 250 calon mahasiswa Institut Teknologi Padang (ITP) jalur beasiswa mengikuti seleksi wawancara, Jumat (06/82021). Agenda yang digelar secara daring tersebut menyeleksi calon mahasiswa jalur beasiswa KIP Kuliah, beasiswa Yayasan, dan jalur prestasi.

Dalam sambutannya, Rektor ITP Dr. Ir. Hendri Nofrianto, MT menyebutkan ada 170 orang kuota penerima beasiswa KIP Kuliah, dan 9 orang kuota untuk beasiswa yayasan, serta 9 orang kuota untuk jalur prestasi.

"Seleksi beasiswa yang kita terapkan yaitu, penilaian bukan hanya dari pengetahuan akademik mahasiswa saja, melainkan juga kita ingin melihat bagaimana kemampuan calon mahasiswa dalam berkomunikasi," jelas Rektor.

Lebih lanjut Hendri menjelaskan, mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah tidak saja dibebaskan uang kuliah, tapi juga ditambah dengan uang saku dari Kemendikbud. Dana tersebut akan langsung ditransfer ke rekening mahasiswa tanpa melalui perguruan tinggi.

"Tiap mahasiswa penerima beasiswa akan mendapat uang saku sebesar Rp 1,1 juta per bulan, dan akan dibayarkan per 6 bulan, sehingga saudara akan mendapatkan dana sebesar Rp6,6 juta per 6 bulan. Ini saya pesankan untuk digunakan sebaik-baiknya, jangan digunakan untuk ganti HP setiap 6 bulan," ujarnya.

Sementara itu, mahasiswa penerima beasiswa yayasan akan dibebaskan uang kuliah selama 1 tahun, dan akan dievaluasi pada tahun berikutnya berdasarkan IPK dan prestasi lainnya untuk proses perpanjangan beasiswa.

Diketahui, tahun ini ITP menambah kuota penerimaan mahasiswa barunya menjadi 1.000 mahasiswa. Pendaftaran jalur reguler dan kelas mitra masih dibuka sampai 31 Agustus 2021 melalui website spmb.itp.ac.id. (rel/erz)