5 Bangunan Terbakar di Simpang Empat Tanjungpati

oleh -886 klik
Kebakaran di dekat Simpang Empat Tanjungpati, Kecamatan Harau, Jl. Raya Payakumbuh-Pekanbaru, Senin (02/08/2021)pukul 19.15 WIB  yang menghanguskan lima unit bangunan yang terdiri dan rumah dan toko. IST/FB
Kebakaran di dekat Simpang Empat Tanjungpati, Kecamatan Harau, Jl. Raya Payakumbuh-Pekanbaru, Senin (02/08/2021)pukul 19.15 WIB yang menghanguskan lima unit bangunan yang terdiri dan rumah dan toko. IST/FB

JERNIHNEWS.COM-Si jago merah mengamuk sehingga menghanguskan 5 unit bangunan yang terdiri dari rumah dan toko di dekat Simpang Empat Tanjungpati, Jl. Raya Payakumbuh-Pekanbaru, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Senin (02/08/2021) sekitar pukul 19.15 WIB.

Wakapolres Limapuluh Kota Kompol Russirwan dan Ketua Fraksi PAN DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Marsanova Andesra, SH, MH yang turut memberi atensi di lokasi kebakaran. ERZ
Wakapolres Limapuluh Kota Kompol Russirwan dan Ketua Fraksi PAN DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Marsanova Andesra, SH, MH yang turut memberi atensi di lokasi kebakaran. ERZ

Setidaknya 8 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) diturunkan untuk memadamkan api. Mobil damkar itu milik Pemkab Limapuluh Kota dan juga dari mobil Damkar Pemko Payakumbuh.

Arus lalulintas sempat macet total selama 2,5 jam. ERZ
Arus lalulintas sempat macet total selama 2,5 jam. ERZ

Rumah yang terbakar di antaranya milik Eva. Rumah dan bangunan yang terbakar hanya berjarak sekitar 25 meter sebelum Simpang Empat Tanjungpati atau sekitar 100 meter dari Jembatan Sinamar dari arah Kota Payakumbuh.

Masih untung hanya lima bangunan yang terbakar dan api tidak merembet ke bangunan lainnya yang kondisinya sangat rapat. Petugas Damkar tampak berjibaku untuk memadamkan api. Api bisa dipadamkan sekitar pukul 20.15 WIB.

Wakapolres Limapuluh Kota Kompol. Russirwan yang turun ke lokasi kebakaran guna mengkoordinasikan pengamanan saat dikonfirmasi belum dapat memastikan asal api. Soal korban juga belum diketahui dengan pasti, karena petugas masih bekerja. Demikian juga dengan jumlah kerugian.

"Hingga saat ini memang belum ada laporan tentang adanya korban. Namun yang pastinya masih menunggu, karena petugas masih bekerja," sebut Kompol Russirwan kepada jernihnews.com, sembari terus memperhatikan petugas bekerja dan sesekali berkoordinasi melalui sambungan sehubungan dengan musibah itu.

Ketua Fraksi PAN DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Marsonava Andesra juga terlihat memberikan atensi di tempat kejadian perkara (TKP). Dia tampak berdiri dan berkoordinasi dengan Wakapolres Kompol Russirwan yang biasa dipanggil Ayah.

"Diperkirakan ada lima bangunan yang terbakar. Ada bengkel, kedai buah-buahan, rumah dan kafe. Soal adanya korban belum ada informasi tentang itu, karena petugas masih bekerja. Tapi tadi ada yang sempat pingsan. Mungkin karena kaget. Mudah-mudahan tidak ada korban jiwa," sebut Marsanova Andesra yang juga Ketua DPD PAN Kabupaten Limapuluh Kota.

Jalur lalulintas Payakumbuh-Pekanbaru dari kedua arah macet total sepanjang 2 km. Kendaraan roda empat masih bisa mencari jalan alterrnatif dengan melewati Taram. Namun kendaraan roda enam atau lebih lebih terpaksa berhenti. Jalan ditutup karena semua mobil damkar, berada di badan jalan. Arus lalulintas mulai dibuka sekitar pukul 22.00 WIB.

Salah seorang perempuan pedagang ayam geprek yang hanya berbatas satu dinding dengan bangunan yang terbakar, tampak syok. Barang-barang dari bangunan yang disewanya, semua sudah dievakuasi. Beberapa dinding yang terbuat dari triplek sengaja dibongkar, agar api tidak merembet. "Barang-barang kami sudah dikeluarkan semua. Tadi asapnya banyak masuk ke sini," kata perempuan berusia sekitar 40 tahun tersebut.

Petugas PLN juga tampak berjibaku untuk memadamkan arus listrik. Listrik sempat dipadamkan secara total di sebagian kawasan Tanjungpati. Setelah api berhasil dipadamkan, petugas PLN kembali menghidupkan listrik untuk jalur tertentu. Hingga pukul 22.30 WIB, beberapa mobil damkar masih di TKP. (erz)