IBI Akabiluru Gelar Musran II Tahun 2021

oleh -886 klik
Lokasi acara Musran II IBI Ranting Akabiluru tahun 2021 di Aula RM. Citra Minang, Jl. Raya Payakumbuh-Bukittinggi, Jumat (16/07/2021). ERZ
Lokasi acara Musran II IBI Ranting Akabiluru tahun 2021 di Aula RM. Citra Minang, Jl. Raya Payakumbuh-Bukittinggi, Jumat (16/07/2021). ERZ

JERNIHNEWS.COM-Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Ranting Akabiluru, Kabupaten Limapuluh Kota melaksanakan Musyawah Ranting (Musran) II. Musran akan dilaksanakan, Jumat (16/07/2021) pukul 09.30 WIB s/d selesai di Aula RM. Citra Minang, Jl. Raya Payakumbuh-Bukittinggi.

Demikian isi undangan yang dikirimkan Ketua Ranting IBI Akabiluru, Hj. Yurleni, S.ST, sebagaimana yang dikonfirmasikan, Kamis (15/07/2021).

Acara Musran II IBI Ranting Akabiluru rencananya dihadiri Ketua IBI Cabang Kabupaten Limapuluh Kota, Kepala UPTD Puskesmas Akabiluru. Setelah sambutan dari Ketua IBI Ranting Akabiluru Yurleni, S.ST, juga akan memberikan kata sambutan Ketua IBI Cabang Kabupaten Limapuluh Kota dan juga Kepala UPTD Puskesmas Akabiluru.

Dikutip dari website ibi.or.id, Hari Jadi IBI pada 24 Juni 1951. Pengukuhan hari lahirnya IBI tersebut didasarkan atas hasil konferensi bidan pertama yang diselenggarakan di Jakarta 24 Juni 1951, yang merupakan prakarsa bidan-bidan senior yang berdomisili di Jakarta.

Konferensi bidan pertama tersebut telah berhasil meletakkan landasan yang kuat serta arah yang benar bagi perjuangan bidan selanjutnya, yaitu mendirikan sebuah organisasi profesi bernama Ikatan Bidan Indonesia (IBI), berbentuk kesatuan, bersifat Nasional, berazaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Pada konferensi IBI tersebut juga dirumuskan tujuan IBI, yaitu:

  1. Menggalang persatuan dan persaudaraan antar sesama bidan serta kaum wanita pada umumnya, dalam rangka memperkokoh persatuan bangsa.
  2. Membina pengetahuan dan keterampilan anggota dalam profesi kebidanan, khususnya dalam pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) serta kesejahteraan keluarga.
  3. Membantu pemerintah dalam pembangunan nasional, terutama dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
  4. Meningkatkan martabat dan kedudukan bidan dalam masyarakat.

Dengan landasan dan arah tersebut, dari tahun ke tahun IBI terus berkembang dengan hasil-hasil perjuangannya yang semakin nyata dan telah dapat dirasakan manfaatnya baik oleh masyarakat maupun pemerintah sendiri. Bersadarkan data yang diinput tahun 2019, jumlah total anggota IBI secara nasional sebanyak 338.864 bidan. (erz)