STAIDA Sediakan 18 Guru Tahfidz untuk Sekolah di Payakumbuh

oleh -885 klik
Wakil Ketua STAIDA Payakumbuh, Muhammad Rizqi, S.Th.I, MA. ERZ
Wakil Ketua STAIDA Payakumbuh, Muhammad Rizqi, S.Th.I, MA. ERZ

JERNIHNEWS.COM-Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Alquran (STAIDA) Payakumbuh memenuhi permintaan dari Pemko Payakumbuh dalam penyediaan 18 guru tahfidz yang ditempatkan untuk mengajar tahfidz di sekolah dasar.

"Kebutuhan ketika itu, sekitar 25 orang dan kita diminta menyediakan 18 orang. Alhamdulillah kita dapat memenuhinya. Hafalan mereka minimal 3 juz," kata Muhammad Rizqi, S.Th.I, MA, Wakil Ketua III STAIDA Payakumbuh, Senin (12/07/2021) kepada jernihnews.com di Kampus STAIDA Payakumbuh.

Dijelaskan Rizqi, guru tahfizd yang disediakan tersebut merupakan mahasiswa STAIDA yang telah diseleksi dengan ketat. Ini menjadi program kerja sama antara STAIDA dan Pemko Payakumbuh. Para guru tahfidz itu bertugas empat hari dalam sepekan.

Selain bisa berbagai ilmu, mahasiswa yang direkomendasikan oleh kampus STAIDA itu juga bisa mendapatkan penghasilan melalui honor bulanan yang mereka terima. "Jika tidak salah, honor yang mereka terima besarannya sama dengan UMK," sebut M. Rizqi.

Selain menjadi mata kuliah di STAIDA Payakumbuh, tahfizd juga menjadi perhatian penting di kampus yang beralamat di Jl. Khatib Sulaiman, Limbukan, Kecamatan Payakumbuh Selatan ini. Tamatan STAIDA minimal memiliki hafalan enam juz. Bahkan, pada wisuda STAIDA V yang diselenggarakan pada Rabu (30/06/2021) lalu, sebanyak 18 dari 31 orang wisudawan/ti STAIDA adalah hafidz 30 juz.

STAIDA Payakumbuh memiliki dua program studi (prodi), yakni Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT) dan Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PAB). Bagi calon mahasiswa yang memiliki hafalan minimal 10 juz, gratis uang kuliah selama 8 semester. Di tengah tingginya biaya kuliah di banyak kampus negeri, maka Kampus STAIDA Payakumbuh memberikan solusi dengan uang kuliah yang relatif murah dan juga fasilitas beasiswa. (erz)