Jelang Berakhir TMMD, Satgas Berharap Jalan Talang Maur-Maek Selesai Tepat Waktu

oleh -317 klik
Satgas TMMD ke-111 Kodim 0306/50 Kota tengah berjibaku menyelesaikan objek pembangunan Jalan Talang Maur-Maek, Minggu (11/07/2021). DOK. SATGAS TMMD
Satgas TMMD ke-111 Kodim 0306/50 Kota tengah berjibaku menyelesaikan objek pembangunan Jalan Talang Maur-Maek, Minggu (11/07/2021). DOK. SATGAS TMMD

JERNIHNEWS.COM-Jadwal pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota dengan objek utama membuka dan membangun jalan dari Nagari Talang Maur Kecamatan Mungka menuju Maek Kecamatan Bukit Barisan tinggal dua hari lagi. Satgas TMMD berharap pekerjaan jalan itu rampung sesuai jadwal.

TMMD ke-111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota dibuka Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldi 15 Juni 2021 dan sesuai jadwal akan berakhir 14 Juli 2021. Jadwalnya hanya tinggal dua hari lagi.

Hingga Minggu (11/07/2021) anggota Satuan Tugas (Satgas) TMMD bersama warga terus menggenjot pengerjaan jalan Nagari Talang Maur-Nagari Maek agar selesai sesuai target. Bahkan, Satgas juga tetap bekerja dalam guyuran hujan.

Pembukaan jalan yang menghubungkan Nagari Talang Maur, Kecamatan Mungka menuju Nagari Maek, Kecamatan Bukit Barisan dengan panjang 9 Km dan lebar 12 m ini merupakan program fisik unggulan TMMD ke-111 Kodim 0306/50 Kota. Jalan tersebut dibangun melingkar seperi huruf S dan melintasi Bukit Sugak.

Dan SSK Letda Ckm Suprizal mengatakan setelah pembuatan gorong-gorong , Satgas melanjutkannya dengan membangun bak kontrol. Gorong-gorong ditujukan untuk alur lewat air, sehingga tidak mengalir di badan jalan. Sedangkan bak kontrol fungsinya agar gorong-gorong tidak ditutupi sampah atau pun tanah lumpur dan pasir yang terbawa air.

"Setelah pembuatan gorong-gorong selesai kemaren, hari ini kita mulai pembuatan bak air kontrol di berbagai titik yang dibuat gorong-gorong. Nantinya bak air kontrol ini berguna sebagai pencegah penyumbatan gorong-gorong dari sampah dan tanah, sehingga aliran air akan terus lancar" kata Dan SSK Letda Ckm Suprizal didampingi Sertu Heri, Minggu (11/07/2021).

Letda Ckm Suprizal berharap seluruh rangkaian kegiatan TMMD Kodim 0306/50 Kota dapat selesai tepat waktu. "Kita harap pengerjaan sesuai target dan waktu yang sudah ditetapkan sejak awal," sebutnya.

Sebelumnya, Danrem 032 Wirabraja, Brigadir Jenderal TNI Arief Gajah Mada ketika meninjau pelaksanaan TMMD di Talang Maur, mengatakan program TMMD memprioritaskan desa atau nagari yang letaknya jauh dan kondisinya terisolir, dalam artian tidak mempunyai akses jalan yang memadai.

"Kita mengutamakan nagari atau desa yang cukup jauh dan terisolir serta tidak mempunyai akses jalan, sehingga dengan adanya TMMD, nagari tersebut jadi lebih maju, serta dapat menggerakan pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut," kata Danrem 032 Wirabraja, Brigadir Jenderal TNI Arief Gajah Mada ketika meninjau pelaksanaan TMMD di Talang Maur, didampingi Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry Lahe, saat mengunjungi lokasi objek TMMD di Nagari Talang Maur, beberapa hari yang lalu. (syn)