STKIP Payakumbuh Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahap II

oleh -942 klik
Mahasiswa dan kampus STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh di Jl. M. Yamin, Padang Tiakar, Kota Payakumbuh. Kampus ini membuka pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahap II Tahun Akademik 2021/2022. IST
Mahasiswa dan kampus STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh di Jl. M. Yamin, Padang Tiakar, Kota Payakumbuh. Kampus ini membuka pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahap II Tahun Akademik 2021/2022. IST

JERNIHNEWS.COM-Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Abdi Pendidikan Kota Payakumbuh, membuka pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahap II Tahun Akademik 2021/2022. Tersedia 5 program pendidikan (prodi) yang semuanya berakreditasi B.

Ketua STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh, Drs. Yuhasnil, M.Pd. DOK.STKIP AP PYK
Ketua STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh, Drs. Yuhasnil, M.Pd. DOK.STKIP AP PYK

"Kita masih membuka pendaftaran PBM untuk gelombang kedua. Pada gelombang pertama yang kita tutup akhirJuni lalu kita sudah menerima 131 mahasiswa baru," kata Ketua STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh, Drs. Yuhasnil, M.Pd, Kamis (08/07/2021) di ruang kerjanya, Kampus STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh.

Lima prodi yang tersedia di kampus yang beralamat di Jalan M. Yamin, Padang Tiakar, Kota Payakumbuh ini, yakni Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonsia, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Prodi Pendidikan Sejarah dan Prodi Pendidikan Biologi. "Semuanya prodi kita berakreditasi B," kata Yuhasnil menegaskan.

Dari seluruh prodi yang ada, prodi Pendidikan Bahasa Inggris paling diminati dan juga punya keunggulan khusus. Karena lulusan prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh tidak saja mutlak menjadi guru, tetapi juga banyak diterima di instansi lainnya, seperti perbankan dan lembaga bisnis lainnya.

"Pada perbankan di Kota Payakumbuh, banyak alumni prodi Pendidikan Bahasa Inggris kita yang diterima, bahkan diminati. Silahkan nanti tolong cek sendiri," kata pria asal Padang Gantiang, Kabupaten Tanah Datar ini menjelaskan.

Selain terletak di jalur strategis, kampus STKIP Abdi Pendidikan paling representatif di Kota Payakumbuh. Bangunannya milik sendiri, tiga lantai dan sarana serta prasarananya lengkap. "Kampus kita juga memiliki labor yang cukup lengkap," sebut tamatan S1 FKIP Universitas Bung Hatta (UBH) dan S2 FIS UNP ini menegaskan.

Soal kualitas, STKIP Abdi Pendidikan Kota Payakumbuh juga tidak mau main-main. Dosennya rata-rata Lektor Kepala dan Lektor. Dari 42 dosen, 2 di antaranya sudah doktor dan 3 lagi sedang menjalani kuliah pendidikan doktor. Sebagian dosennya juga berstatus sebagai ASN yang diperbantukan, termasuk Drs. Yuhasnil, M.Pd sendiri selaku Ketua STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh.

Berikutnya, juga banyak alumni STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh yang sukses di berbagai bidang, seperti guru ASN, guru swasta, lembaga pendidikan luar sekolah, perbankan dan lainnya. "Bahkan juga ada alumni kita yang menjadi kepala dinas pendidikan, contohnya Ibu Indrawati, S.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota dan juga Pak Dr. Dasril, M.Pd, Sekretaris Dinas Kominfo Kota Payakumbuh," sebut Yuhasnil.

Soal biaya perkuliahan, juga tidak mahal dan sangat terjangkau oleh masyarakat. Bahkan pembayarannya juga bisa fleksible, guna meringankan mahasiswa. "Jadi kalau ada anak, kemenakan atau saudara, silakan berkuliah di STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh," ujar Yuhasnil, sembari mengatakan bahwa mahasiswa kampus ini berasal dari berbagai kota dan kabupaten di Sumbar, bahkan juga banyak dari Riau, Jambi dan Sumut. (erz)