Panorama Ngalau Oguang, Spot Baru yang Menawan di Lembah Harau

oleh -433 klik
Panorma Ngalau Oguang, Harau yang menyuguhkan pemandangan yang indah bagi wisatawan. ERZ
Panorma Ngalau Oguang, Harau yang menyuguhkan pemandangan yang indah bagi wisatawan. ERZ

JERNIHNEWS.COM- Belum banyak orang yang tahu, bahwa di objek wisata Lembah Harau ada satu panorama dengan spot berfoto yang sangat menawan. Wisatawan pun bisa berpose dengan mobil atau pun sepeda motornya dengan pemandangan yang aduhai. Ya, nama spotnya Panorama Ngalau Oguang.

Dari panorama ini, pemandangan luas lepas ke arah Sarasah Bonta, Kampung Eropah, dan lainnya. Viewnya sangat komplit. Sawah-sawah luas terbentang, dinding batu cadas tampak gagah dan perbukitanLembah Harauyang masih hijau asri terlihat dari sini. Tentu saja tampak pula air terjun yang melengkapi keindahan latar belakang spot foto bagi wisatawan.

Panorama Ngalau Oguang terletak di jajaran perbukitan Sarasah Bonta, jalan keluar dari Sarasah Bonta, Harau ke arah Timur menuju Jalan Raya Sumbar-Riau. Sesuai namanya, spot ini berada di ketinggian di pinggang bukit. Istimewanya, ke spot ini wisatawan bisa membawa mobil atau sepeda motornya. Sehingga bisa berpose foto langsung dengan kendaraannya.

Selain view yang indah, di Panorama Ngalau Oguang, wisatawan juga bisa menikmati kopi hangat atau pun menu mie rebus dan aneka masakan lainnya. Adalah Bayu dan Elza, pasangan suami istri yang membuka kedai satu-satunya di panorama tersebut sejak delapan bulan lalu. Selain berkedai, Bayu dan Elza juga menata lokasi Panorama Ngalau Oguang dengan sebaik-baiknya.

Ya, tanah di panorama yang indah itu adalah milik keluarga Elza, anak Jorong Lubuak Limpato, Nagari Tarantang, Kecamatan Harau, tempat Panorma Ngalau Oguang berada. Sedangkan Bayu adalah urang sumando di jorong tersebut.

Bayu selalu menyapa ramah wisatawan yang singgah di Panorama Ngalau Oguang. Dia mengatur parkir kendaraan dan juga memberikan penjelasan kepada wisatawan seputar Panorama Ngalau Oguang dan lainnya.

Tak lupa, Bayu juga berpesan kepada setiap pengendara agar berhati-hati dan pelan berkendara. Karena selain relatif sempit, jalan juga banyak belokan atau tikungan tajam, berikut tanjakan serta turunan. Pengendara yang ngebut, rawan kecelakaan, dan itu sudah kerap terjadi. Bahkan dia juga sedikit menyelipkan cerita-cerita mistik di kawasan tersebut, yang tujuannya agar wisatawan selalu waspada dan tetap bersikap sopan di tengah-tengah alam yang masih asri itu.

Bayu mengatakan banyak orang hebat dan pejabat serta wisatawan yang memuji spot Panorama Ngalau Oguang yang dibuka dan dirawat oleh Bayu dan istrinya Elza. Mereka seperti mantan anggota DPR RI yang juga mantan Calon Gubernur Sumbar Mulyadi dan juga Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri (RKN). "Banyak yang memuji keindahan pemandangan alam dari panorama ini, bahkan juga ada di antara mereka yang mengajak kami bekerja sama," sebut Bayu kepada jernihnews.com, Senin (05/07/2021).

Bagi wisatawan yang belum pernah berkunjung spot ini, datanglah. Nikmati swa foto, atau bareng dengan teman serta keluarga dengan bentangan pemandangan yang luar biasa. Sembari itu, untuk melawan rasa kantuk, pengendara yang akan menyetir ke daerah tujuan yang masih jauh juga bisa juga menyeruput kopi hangat hidangan dari Elza. Selamat menikmati. (yon erizon)