Selangkah Lagi, Italia Juara Euro 2020

oleh -264 klik
Pemain Italia meluapkan kegembiraan mereka setelah berhasil mengalahkan Spanyol di babak semifinal melalui pinalti dengan skor 4-2 menyusul hasil seri 1-1, Rabu (07/07/2021) di Stadion di Wembley. NET
Pemain Italia meluapkan kegembiraan mereka setelah berhasil mengalahkan Spanyol di babak semifinal melalui pinalti dengan skor 4-2 menyusul hasil seri 1-1, Rabu (07/07/2021) di Stadion di Wembley. NET

JERNIHNEWS.COM-Italia berhasil mengalahkan Spanyol melalui adu penalti untuk lolos ke final Euro 2020. Selangkah lagi menjadi juara Europa 2020, ELeonardo Bonucci mengingatkan, Italia agar tidak euforia berlebihan.

Kelolosan itu didapat Gli Azzurri setelah memenangi adu tos-tosan 4-2 menyusul hasil seri 1-1 sampai laga bubar dalam semifinal di Wembley, Rabu (07/07/2021) dinihari WIB.

Di kubu Italia, hanya Manuel Locatelli yang gagal mengonversi penalti sedangkan dua penendang penalti Spanyol yang gagal adalah Dani Olmo dan Alvaro Morata.

Dengan ini berarti Italia berhak maju ke partai puncak Euro 2020 dan akan berhadapan dengan pemenang antara Inggris vs Denmark. Italia memburu gelar juara Eropa pertamanya setelah mengkangkat trofi itu pada 1968 alias 53 tahun silam.

Bonucci mewanti-wanti begitu lega dengan sukses Italia melangkah ke final. Skuad Italia agar mempertahankan rasa lapar akan gelar juara di final.

"Ini adalah pertandingan terberat yang pernah kumainkan," ucap Bonucci dilansir Football-Italia. "Aku mengucapkan selamat kepada Spanyol atas apa yang sudah mereka tunjukkan."

"Tapi sekali lagi tim Italia ini menunjukkan hati, determinasi, dan kemampuan untuk mengatasi momen-momen sulit dan lotere penalti diberikan kepada kami. Kemenangan yang Anda peroleh dengan penderitaan selalu yang paing nikmat," sambung pemain senior Juventus itu.

"Sekarang cuma tinggal satu centimeter lagi. Hanya satu centimeter... Luar biasa dengan apa yang sedang kami lakukan, kami tidak seharusnya merasa sudah kenyang."

"Kami menjejak final, lima hari lagi, dan kami perlu rasa lapar yang sama dan semangat pengorbanan untuk membawa pulang trofi juara ini setelah bertahun-tahun," cetus Bonucci usai Italia maju ke final Euro 2020.

Busquets: Spanyol Lebih Superior

Meski kalah, namun gelandang dan kapten Spanyol Sergio Busquets berkukuh timnya lebih superior daripada Italia.

Statistik pertandingan memang memperlihatkan Spanyol lebih dominan usai memiliki 70 persen penguasaan bola dengan 16 percobaan (5 on target) dibandingkan dengan Italia yang mempunyai 30 persen penguasaan bola dengan 7 percobaan (4 on target).

Di pertandingan itu kedua kesebelasan bermain imbang sampai akhir babak pertama. Gli Azzurri lantas menciptakan kejutan setelah Federico Chiesa mencetak gol pemecah kebuntuan di menit ke-60.

Namun, Spanyol kemudian menunjukkan perlawanan dengan melahirkan gol balasan yang dibuat oleh pemain pengganti, Alvaro Morata pada 20 menit kemudian. Pertandingan berlanjut hingga babak perpanjangan waktu namun skor tetap bertahan sehingga dilanjutkan ke adu penalti.

Sayangnya, dua penendang Spanyol: Dani Olmo dan Morata gagal mengonversi tendangan penalti menjadi gol. Sedangkan Italia cuma Manuel Locatelli saja yang gagal sehingga berhak atas tiket final Euro 2020.

Busquets meyakini, Spanyol merupakan tim yang lebih baik di pertandingan tadi. Pemain Barcelona itu percaya bahwa Spanyol akan sukses di masa depan.

"Semua orang menjagokan Italia di sini, tapi telah menunjukkan bahwa kami superior dari mereka," ucap Busquets di Uefa.com. "Kami menentukan hal-hal yang kami inginkan di sini: menguasai bola, memenanginya kembali secepat mungkin ketika kami kehilangan bolanya."

"Secara keseluruhan, kupikir kami itu tim yang lebih dominan. Tapi memang sepakbola itu seperti ini, dan apa yang bisa kami lakukan adalah menyelamati Italia."

"Kami bermain dengan banyak pemain muda, dan seluruh pengalaman ini akan memberi mereka kepercayaan diri yang besar. Tim ini akan kembali," cetus Busquets setelah Spanyol didepak Italia pada semifinal Euro 2020. (pr)

SUMBER: Detik.com