Perantau Turut Sukseskan Khatam Alquran Masjid Baitussalam Payakumbuh

oleh -688 klik
Peserta Khatam Alquran Masjid Baitussalam Koto Baru Balai Janggo Payakumbuh, Kamis (01/07/2021). DOK. PANITIA
Peserta Khatam Alquran Masjid Baitussalam Koto Baru Balai Janggo Payakumbuh, Kamis (01/07/2021). DOK. PANITIA

JERNIHNEWS.COM- Khatam Alurqan Masjid Baitussalam Koto Baru Balai Janggo Payakumbuh yang diikuti oleh 43 orang santri, meski dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 tetap berjalan hikmat dan meriah. Rangkaian kegiatan Khatam Alurqan dilangsungkan sejak Sabtu (26/06/2021) dan acara puncaknya hari ini, Kamis (01/07/2021). Perantau pun turut menyukseskannya. Joni Hendri menyumbangkan hadiah nomor 1 berupa 1 unit laptop.

Sekretaris Panitia Syafri Deni menunjukan hadiah laptop yang disumbangkan Joni Hendri dan juga hadiah lain sumbangan berbagai pihak. ERZ
Sekretaris Panitia Syafri Deni menunjukan hadiah laptop yang disumbangkan Joni Hendri dan juga hadiah lain sumbangan berbagai pihak. ERZ

Ratusan tamu dan undangan mendatangi Masjid Baitussalam guna memeriahkan acara Khatam Alquran yang diselenggarakan layaknya "alek gadang kampuang" Koto Baru Balai Janggo dan Nagari Koto Nan Gadang serta Kota Payakumbuh pada umumnya. Terlihat para pejabat pemerintahan, anggota DPRD, pengusaha, tokoh adat, pemuka masyarakat, pemuda dan anak-anak datang ke masjid yang beralamat di Jl. Rasul tersebut. Mereka pun menyipi aneka makanan. Seekor sapi dipotong untuk perayaan Khatam Alquran ini.

Suasana makan bersama. ERZ
Suasana makan bersama. ERZ

Digelar tanpa pawai atau arak-arakan, hiburan gambus atau kasidah, perayaan Khatam Alquran Masjid Batussalam yang menerapkan protokol kesehatan yang ketat tetap berlangsung meriah. Helatan ini juga menjadi sarana bersilaturahmi bagi para tamu undangannya yang umumnya jarang bertemu setelah lebih setahun pandemi Covid-19 melanda dunia, termasuk Kota Payakumbuh.

Ketua Umum Pengurus Masjid Baitussalam Heri Iswandi Dt. Rajo Muntiko Alam, SE dan Ketua Panitia Khatam Alquran H. Jhon Rizal serta panitia lainnya tampak sibuk menyambut dan melayani para tamu undangan. Sesudah Zuhur dan menjelangnya, hadir Asisten III Pemko Payakumbuh Amriul Dt. Karayiang, Camat Payakumbuh Utara Desfitawarni, Lurah Kapalo Koto Dibalai Chandra, Ketua Yayasan Raudhatul Jannah Fadila dan lain sebagainya.

Puluhan undangan tampak disusun panitia. Ada 1 unit laptop yang disumbangkan Ketua Ikatan Keluarga Koto Nan Gadang (IKK) Jabodetabek Joni Hendri yang merupakan hadiah untuk juara 1. Berikutnya ada pula terlihat beberapa unit sepeda yang salah satunya disumbangkan oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumbar, Ust. Irsyad Syafar. Banyak lagi hadiah lainnya seperti bintang emas, kulkas, kipas angin, lemari belajar serta lainnya.

Di gerbang masuk, panitia terlihat menerapkan prokes kesehatan dengan menyediakan cuci tangan, menyediakan masker dan alat mengukur suhu tubuh (thermo gun). Alur masuk dan keluar tamu juga dipisahkan. Letak kursi juga diatur jaraknya, sesuai anjuran prokes pemerintah.

Terlihat pada bungkusan hadiah laptop yang disumbangkan Joni Hendri "A Heart without the Quran is like a ship without a compass" yang artinya "Hati tanpa Alquran ibarat kapal tanpa kompas"

"Selamat Khatam Alquran bagi anak-anak kami dan selamat serta apresiasi yang tinggi bagi para panitia. Anak-anak kami peserta katam, jadikanlah Al Qur'an sebagai pedoman dalam hidup, sejak diturunkan sampai hari ini semua sudah diatur dalam Al Qur'an. Itulah mukzijat Nabi Kita Muhammad SAW dan bukti bahwa Al Qur'an adalah wahyu dari Allah SWT," kata Joni Hendri kepada jernihnews.com dari Jakarta. (erz)