PPs UM Sumbar dan Semangat Publikasi

oleh -809 klik
Para wisudawan/ti Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (PPs UM Sumbar) pada wisuda ke-68 Tahun Akademik 2020/2021, Sabtu (19/06/2021) di Kampus I UM Sumbar, Padang. DOK/PPs UMSB
Para wisudawan/ti Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (PPs UM Sumbar) pada wisuda ke-68 Tahun Akademik 2020/2021, Sabtu (19/06/2021) di Kampus I UM Sumbar, Padang. DOK/PPs UMSB

JERNIHNEWS.COM-Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (PPs UM Sumbar) pada Wisuda Angkatan ke-68 Tahun Akademik 2020/2021, Sabtu (19-06-2021) melahirkan 63 Magister Pendidikan (M.Pd). Para wisudawan/ti ini telah berhasil melewati berbagai langkah dalam menyelesaikan studi pada jenjang Magister, mulai dari penyelesaian studi dalam mata kuliah, toefl dan toafl, seminar proposal, ujian munaqasyah sampai pada publikasi ilmiah.

Dr. Mahyudin Ritonga, MA, sebagai Direktur PPs UM Sumbar menegaskan bahwa mahasiswa PPs UM Sumbar dibimbing oleh para dosen yang profesional, bersahabat, bersahaja dan penuh senyum guna melahirkan magister yang menjadi tauladan di tengah-tengah masyarakat. Keharusan publikasi tidak lagi menjadi beban bagi mahasiswa ketika mereka mendapatkan bimbingan dan pengarahan dari dosen.

"PPs UM Sumbar sejak dua tahun terakhir telah menerapkan keharusan lulus cek similarity terhadap karya ilmiah yang mereka tulis. Karena hal ini merupakan langkah awal dalam mengantisipasi terjadinya plagiat, dan semua karya ilmiah mesti dipublikasi secara online agar dapat diakses oleh masyarakat luas. Oleh karena itu tesis yang telah ditulis mesti dimasukkan dalam repository universitas," kata Dr. Mahyudin Ritonga, MA, sebagai Direktur PPs UM Sumbar, sebagaimana keterangan tertulis yang diterima jernihnews.com.

Sejalan dari itu, semangat publikasi dan penyebaran hasil penelitian kepada masyarakat luas dilakukan dengan menerbitkan hasil karya mahasiswa pada berbagai journal online, mulai dari jurnal baru, journal terakreditasi sinta sampai pada journal terindeks WOS dan Scopus.

Menurut Direktur PPs, keberanian mempublikasi karya ilmiah pada journal online adalah bagian dari keterbukaan seorang akademisi dalam menyampaikan hasil research mereka sehingga bermanfaat bagi masyarakat luas.

Keberhasilan publikasi pada journal tentu perlu untuk diapresiasi, karena setiap penerbit journal OJS melakukan peninjauan, review terhadap semua artikel yang disubmit oleh para penulis, dan membutuhkan waktu yang relatif lama. Namun, dengan berbekal pemanfaatan berbagai perangkat teknologi, seperti NVIVO, ATLAS, SPSS dalam membantu analisis data, serta pemanfaatan management sitasi seperti Mandeley, Endnote, Zotero, pemanfaatan turnitin, Quillbot, bahkan grammarly sangat membantu mahasiswa dalam menghasilkan artikel yang layak dipertimbangkan dan dipublikasi oleh para penerbit journal.

Terkait dengan itu, Direktur PPs UM Sumbar dalam acara inagurasi menyampaikan agar para lulusan PPs UM Sumbar jangan merasa puas dengan gelar magister yang telah diraih, sudah saatnya mengambil sikap untuk melanjutkan studi pada jenjang doktor. Kemampuan lulusan mempublikasi pada journal adalah modal besar untuk menempuh pendidikan pada jenjang S3. Para lulusan PPs UM Sumbar mesti berdiri sejajar dengan lulusan dari PPs lain. Bahkan keberhasilan beberapa mahasiswa jenjang Magister menerbitkan artikel pada Scopus dan WOS seperti lulusan PPs UM Sumbar adalah bukti bahwa mereka sebagai akademisi yang siap bersaing dalam menghadapi era globalisasi yang penuh tantangan. (pr)