Pascasarjana UM Sumbar Gelar Seminar dan Teken MoU di Pasaman

oleh -498 klik
Seminar dengan tema
Seminar dengan tema "Tantangan dan Peluang Tenaga Pendidikan di Era 5.0 dan Upaya Menuju Profesionalitas Tenaga Pendidik" yang dilaksanakan Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (PPs UM Sumbar), Selasa (15/06/2021) di Pasaman. IST

JERNIHNEWS.COM- Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (PPs UM Sumbar) menyelenggarakan seminar di Kabupaten Pasaman, Selasa (15/06/2021). Tema seminar tentang "Tantangan dan Peluang Tenaga Pendidikan di Era 5.0 dan Upaya Menuju Profesionalitas Tenaga Pendidik". Selain itu juga dilaksanakan penandatanganan MoU kerja sama antara PPs UM Sumbar dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasaman.

Kegiatan diawali dengan penantanganan MoU kerja sama. Dari pihak Kantor Kemenag Kabupaten Pasaman, naskah MoU kerja sama diteken oleh Kepala Kantor Kemenag Pasaman, H. Dedi Wandra, MA. Sedangkan dari pihak PPs UM Sumbar diteken oleg Direktur PPs UM Sumbar Dr. Mahyudin Ritongan, MA.

Direktur PPs UM Sumbar Dr. Mahyudin Ritonga, MA mengatakan MoU kerja sama antara PPs UM Sumbar dan Kemenag Pasaman telah berlangsung sejak 2019. "Hasil yang nyata dari kerja sama ini adalah terwujudnya para tenaga pendidik bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) yang kompeten di wilayah Kabupaten Pasaman," kata Mahyudin Ritonga, sebagaimana keterangan resmi yang diterima jernihnews.com.

Hal yang sama juga diungkapkan Kepala Kantor Kemenag Pasaman H. Dedi Wandra, MA. Menurutnya, PPs UM Sumbar telah menjadi mitra yang dapat memfasilisitasi peningkatan kompetensi para guru di wilayah Kemenag Pasaman.

Setelah dilangsungkannya acara penandatanganan MoU tersebut, dilanjutkan dengan seminar. PPs UM Sumbar menghadirkan para pemateri yang ahli di bidangnya. Nara sumber tersebut yakni Dr. Ahmad Lahmi, MA (Kaprodi PAI S2 UM Sumbar), Dr. Rahmi, MA (dosen PPs UM Sumbar), dan Aguswan Rasyid, Lc, MA, Ph.D (dosen PPs UM Sumbar).

Kegiatan seminar ini dihadiri 68 peserta. Para guru PAI, peserta seminar sangat antusias mengikuti materi yang dikemukakan oleh narasumber yang masing-masing memang pakar di bidangnya. Banyak di antara peserta yang mengajukan pertanyaan dan juga mengemukakan pendapat mereka di dalam seminar tersebut. (pr)