Riza Falepi: Masuk Payakumbuh Pemudik Dirapit Antigen

oleh -121 klik
Walikota Payakumbuh Riza Falepi memimpin apel Operasi Ketupat 2021, Rabu (05/05/2021).IST
Walikota Payakumbuh Riza Falepi memimpin apel Operasi Ketupat 2021, Rabu (05/05/2021).IST

JERNIHNEWS.COM-Walikota Payakumbuh Riza Falepi didaulat sebagai pemimpin apel pada pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Ketupat Tahun 2021 di Polres Payakumbuh, Rabu (05/05/2021).

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2021 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Apel gelar pasukan Ops Ketupat 2021 tersebut juga dihadiri oleh Forkopimda, Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda, Sekretaris Daerah Kabupaten Limapuluh Kota Widya Putra, Instansi terkait serta jajaran Polres Payakumbuh.

Sesuai amanat dari Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Walikota Payakumbuh menyampaikan saat ini trend kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan 2,03 persen. Berkaca dari tahun sebelumnya maka pemerintah telah mengambil kebijakan larangan mudik pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

"Keputusan tersebut diambil oleh Presiden Jokowi setelah melalui banyak pertimbangan demi keselamatan bersama," kata Wako Riza Falepi.

Untuk Kota Payakumbuh, Riza mengatakan seluruh pasukan yang terdiri dari gabungan Polres Payakumbuh, TNI, Satpol PP, Dishub serta instansi terkait siap untuk kegiatan Operasi Ketupat untuk pengamanan Hari Raya Idul Fitri serta mencegah terjadinya peningkatan kasus Covid-19.

"Di Payakumbuh dalam giat Operasi Ketupat ini, akan kita lakukan juga deteksi dini kepada para pemudik yang masuk untuk dilakukan rapit antigen guna mengantisipasi timbulnya klaster baru virus corona di Payakumbuh," ucapnya.

"Serta untuk PPKM mikro di tingkat kelurahan agar terus berkoordinasi memantau pemudik yang datang serta kegiatan masyarakat yang dapat menimbulkan keramaian," tambahnya.

Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira menambahkan Operasi Ketupat Singgalang 2021 akan dilaksanakan selama 12 hari, mulai dari tanggal 6 sampai 17 Mei 2021.

Alex menerangkan untuk Payakumbuh ada tiga pos pengamanan yang disiagakan, yaitu di Pusat Kota, Piladang dan di Simpang Warna Warni Kelurahan Taratak Padang Kampuang.

"Sasarannya di masing-masing pos tersebut nanti agar Covid-19 di Payakumbuh tidak berkembang. Kemudian penerapan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah serta pengamanan selama Hari Raya Idul Fitri di wilayah hukum Polres Payakumbuh," katanya. (syn)