Alnedral, Putra Limapuluh Kota Dikukuhkan Jadi Profesor/Guru Besar UNP

oleh -927 klik
Dekan FIK UNP, Prof. Dr. Alnedral, M.Pd akan dikukuhkan sebagai Guru Besar UNP, Kamis (06/05/2021). JNC
Dekan FIK UNP, Prof. Dr. Alnedral, M.Pd akan dikukuhkan sebagai Guru Besar UNP, Kamis (06/05/2021). JNC

JERNIHNEWS.COM-Alangkah bahagianya kedua orang tua Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Padang (UNP), Dr. Alnedral, M.Pd. Ya, pria asal Jorong Tanjung Barulak, Kenagarian Kubang, Kabupaten Limapuluh Kota itu pada Kamis (06/05/2021) akan dikukuhkan sebagai Profesor atau Guru Besar UNP.

Prof. Dr. Alnedral, M.Pd bersama istri dan empat anaknya, beberapa waktu lalu. IST
Prof. Dr. Alnedral, M.Pd bersama istri dan empat anaknya, beberapa waktu lalu. IST

Alnedral, kelahiran Payakumbuh 30 April 1960 tersebut akan dikukuhkan sebagai guru besar bersama tiga dosen UNP lainnya. Suami dari Hj. Ahadiningsih ini mengatakan capaian tertingginya di dunia akademik sebagai profesor atau guru besar adalah mimpi besar dari kedua orang tuanya, H.Hanizar dan Hj.Nurlailis.

Sayang, kedua sosok yang telah melahirkan, merawat, membesarkan, mendidik dan membimbingnya, telah pergi menghadap Sang Khalik dalam tiga tahun terakhir. Ayahnya meninggal tahun 2018 dan Ibunya tahun 2020. "Ini sesungguhnya adalah cita-cita dari kedua orang tua saya. Tapi sayang mereka sudah tiada," sebut Alnedral, dosen yang mengampu mata kuliah Bela Diri Tarung Derajat, Mata Kuliah Bola Voli dan lainnya.

Mantan Wakil Dekan 2 FIK UNP yang juga hobi olahraga tenis lapangan ini juga menyampaikan ucapan terima kasih yang istimewa kepada Hj. Ahadiningsih yang telah setia mendampinginya selama 33 tahun dalam suka duka dan memberikannya empat orang anak, tiga putra dan satu putri.

Prof. Dr. Alnedral, M.Pd telah melaksanakan 11 penelitian selama lima tahun terakhir. Pria berperawakan tinggi tegap ini juga telah menulis dan mempublisikan 23 artikel ilmiahnya dalam lima tahun belakangan. Artikel ilmiah terakhirnya di tahun 2021 yang ditulis dan dipublikasikan adalah Physical Conditioning of Freestyle Swimming Athletes.

Alnedral dalam lima tahun terakhir juga telah menjadi pemakalah pada 21 seminar. Sebanyak 17 penghargaan dan piagam juga telah diperolehnya selama lima tahun terakhir. Penghargaan itu, ada yang dari Presiden RI, dari Menteri dan ada juga yang dari Rektor UNP.

Ucapan Selamat Mengalir

Ucapan selamat datang dari berbagai kalangan atas capaian tertinggi di bidang akademik disampaikan untuk Alnedral. Di antaranya dari Ketua Ikatan Keluarga Kubang (IKK) Kota Padang, Dr. Munzir Busniah, M.Si yang juga Dekan Fakultas Pertanian Unand.

Meskipun berbeda kampus, namun Munzir yang sama-sama berasal dari Nagari Kubang, Kabupaten Limapuluh Kota cukup mengenal sosok Alnedral. Menurutnya Alnedral adalah orang yang santun dan pandai ke atas dan ke bawah. Dia berharap kesuksesan yang diraih oleh Alnedral di bidang akademik, dapat menjadi tauladan bagi generasi muda Nagari Kubang di masa depan. Dengan begitu nantinya akan muncul profesor-profesor lainnya yang berasal dari Kubang.

"Selamat dan sukses untuk Pak Alnedral," kata Dr. Munzir Busniah kepada jernihnews.com, Senin (03/05/2021) melalui sambungan telepon.

Ucapan selamat berikutnya datang dari Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (FE UMSB), Dr. Tri Irfa Indrayani, M.Pd. "Selamat atas pengukuhan Pak Alnedral sebagai profesor atau guru besar UNP. Semoga ke depan dapat membawa FIK dan UNP lebih maju lagi," kata Tri Irfa Indrayani yang merupakan istri dari dosen FIK UNP, Dr. Argantos, M.Pd.

Selanjutnya ucapan selamat juga disampaikan Drs. H. Armon Bahar, M.Pd.T, IPM, pengusaha di Kota Batam yang juga berasal dari Nagari Kubang, Kabupaten Limapuluh Kota.

"Selamat dan sukses atas pengukuhan Pak Alnedral sebagai profesor atau guru besar UNP. Ini adalah capaian akademik yang luar biasa. Sungguh membanggakan kita orang Kubang. Semoga dapat membawa FIK dan UNP lebih maju lagi di masa mendatang. Tentu juga kita berharap Pak Anedral juga memiliki perhatian untuk generasi muda di Kubang," kata Armon Bahar yang merupakan pengusaha yang bergerak di bidang elektrik. Selamat dan sukses Pak Alnedral. (yonerizon)