SMAN 1 Lareh Sago Halaban Himpun Baju Seragam Bekas Siswa Lulusan

oleh -196 klik
Arizon, M.Pd Kepala SMAN 1 Lareh Sago Halaban Kabupaten Limapuluh Kota melarang siswa Kelas XII melakukan konvoi dan aksi corat-coret saat merayakan kelulusan. SMAN 1 LSH setiap tahun menghimpun sumbangan baju seragam dari siswa lulusannya untuk disumbangkan lagi ke siswa Kelas X dan XI dari keluarga kurang mampu. ERZ/NET
Arizon, M.Pd Kepala SMAN 1 Lareh Sago Halaban Kabupaten Limapuluh Kota melarang siswa Kelas XII melakukan konvoi dan aksi corat-coret saat merayakan kelulusan. SMAN 1 LSH setiap tahun menghimpun sumbangan baju seragam dari siswa lulusannya untuk disumbangkan lagi ke siswa Kelas X dan XI dari keluarga kurang mampu. ERZ/NET

JERNIHNEWS.COM-Kelulusan siswa Kelas XII SMA akan diumumkan pada Senin (03/05/2021) secara online. Siswa dilarang melakukan aksi konvoi dan corat-coret baju seragam. SMAN 1 Lareh Sago Halaban (LSH) Kabupaten Limapuluh Kota mengumpulkan baju seragam siswa yang lulus secara sukarela dan akan dibagikan kepada siswa kelas X dan XI dari keluarga kurang mampu.

Kepala SMAN 1 LSH, Arizon, M.Pd mengatakan bahwa dia sudah menyampaikan kepada masing-masing wali kelas XII, bahwa tidak ada pengumpulan siswa Kelas XII saat hari pengumuman kelulusan nantinya. Pengumuman dilaksanakan secara online. Meskipun siswa ketika pengumuman tidak datang ke sekolah, namun tetap mereka dilarang melakukan aksi konvoi atau arak-arakan dan juga mencorat-coret baju seragam sekolah.

"Tidak ada pengumpulan siswa di sekolah untuk menghindari kerumunan dalam masa pandemi Covid-19. Pengumuman secara online. Siswa tidak boleh konvoi dan juga kita larang corat-coret seragam sekolah. Meskipun dilakukan di luar sekolah," kata Arizon, saat dihubungi jernihnews.com, Jumat (30/04/2021), sembari mengatakan pengumpulan sumbangan baju seragam, nanti akan dilaksanakan saat penjemputan surat tanda lulus.

Arizon menjelaskan jumlah siswa kelas XII sebanyak 268 siswa. Jurusan IPA 160 siswa dan Jurusan IPS 108 siswa. Sedangkan pakaian seragam siswa ada empat jenis, pakaian putih abu-abu, pakaian pramuka, batik dan pakaian muslim. Tahun-tahun sebelumnya, yang pakaian seragam yang disumbangkan pakaian seragam putih abu-abu dan pakaian pramuka.

"Tahun-tahun sebelumnya kita juga mengumpulkan baju siswa lulusan. Umumnya mereka menyumbangkan pakain putih abu-abu dan pramuka," kata Arizon.

Arizon yakin, baju seragam siswa kelas XII, masih banyak yang dalam kondisi bagus, karena selama pandemi jarang dipakai. Karena itu alangkah baiknya jika disumbangkan kepada siswa Kelas X dan XI yang membutuhkan. Terutama siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

"Alhamdulillah setiap tahun cukup banyak siswa lulusan yang menyumbangkan pakaian seragamnya," sebut Arizon yang juga Ketua MKKS SMA Kabupaten Limapuluh Kota.

Sebelumnya Kepala Cadang Dinas Pendidikan Wilayah IV Sumbar, Drs. Asricun, M.M.Pd mengatakan jumlah siswa peserta ujian akhir SMA di Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota dan Kabupaten Tanah Datar yang menunggu kelulusan sebanyak 7.280 orang. Para siswa dilarang melakukan konvoi atau arak-arakan pasca pengumuman kelulusan.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Sumbar, Drs. Asricun, M.M.Pd mengatakan jadwal pengumuman kelulusan siswa Kelas XII SMA tersebut berdasarkan pada Peraturan Sekretaris Jenderal (Persesjen) Kemendikbud No. 23 Tahun 2020.

Pada Persesjen Kemendikbud itu, Pasal 7 Ayat 1 poin c menyatakan Kelulusan SMA, SMALB, Program Paket C atau Sederajat ditetapkan 3 Mei 2021. Sedangkan pada Pasal 7 Ayat 1 Poin d dinyatakan Kelulusan SMK atau sederajat ditetapkan 3 Juni 2021.

Menurut Asricun pengumuman dilakukan secara online dan jadwalnya pada sore hari. Pilihan pengumuman secara online dan waktunya sore hari dimaksudkan untuk menghindari terjadinya konvoi atau pun arak-arakan siswa di jalanan.

"Kita memang sudah ingatkan kepada semua kepala sekolah agar tidak ada aksi konvoi dan arak-arakan siswa," kata Asricun di kantornya, Kamis (29/04/2021).

Dijelaskan Asricun, jumlah peserta didik kelas XII yang mengikuti ujian akhir SMA di Kota Payakumbuh sebanyak 1.178 siswa, Kabupaten Limapuluh Kota 2.414 siswa dan di Kabupaten Tanah Datar sebanyak 3.088 siswa. Total jumlahnya 3.088 siswa.

Jumlah SMA di Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota dan Kabupaten Tanah Datar sebanyak 47 sekolah. Rinciannya di Payakumbuh 11 SMA, Limapuluh Kota 17 SMA dan Tanah Datar 19 SMA.(erz)