Kelulusan SMA Diumumkan Senin 3 Mai 2021, Siswa Dilarang Konvoi

oleh -970 klik
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Sumbar, Drs. Asricun, M.M.Pd. ERZ
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Sumbar, Drs. Asricun, M.M.Pd. ERZ

JERNIHNEWS.COM-Kelulusan siswa Kelas XII SMA akan diumumkan pada Senin (03/05/2021). Jumlah peserta ujian akhir SMA di Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota dan Kabupaten Tanah Datar yang menunggu kelulusan sebanyak 7.280 orang. Para siswa dilarang melakukan konvoi atau arak-arakan dan coret-coretan pasca pengumuman kelulusan.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Sumbar, Drs. Asricun, M.M.Pd mengatakan jadwal pengumuman kelulusan siswa Kelas XII SMA tersebut berdasarkan pada Peraturan Sekretaris Jenderal (Persesjen) Kemendikbud No. 23 Tahun 2020.

Pada Persesjen Kemendikbud itu, Pasal 7 Ayat 1 poin c menyatakan Kelulusan SMA, SMALB, Program Paket C atau Sederajat ditetapkan 3 Mei 2021. Sedangkan pada Pasal 7 Ayat 1 Poin d dinyatakan Kelulusan SMK atau sederajat ditetapkan 3 Juni 2021.

Menurut Asricun pengumuman dilakukan secara online dan jadwalnya pada sore hari. Pilihan pengumuman secara online dan waktunya sore hari dimaksudkan untuk menghindari terjadinya konvoi atau pun arak-arakan siswa di jalanan.

"Kita memang sudah ingatkan kepada semua kepala sekolah agar tidak ada aksi konvoi dan arak-arakan siswa," kata Asricun di kantornya, Kamis (29/04/2021).

Dijelaskan Asricun, jumlah peserta didik kelas XII yang mengikuti ujian akhir SMA di Kota Payakumbuh sebanyak 1.178 siswa, Kabupaten Limapuluh Kota 2.414 siswa dan di Kabupaten Tanah Datar sebanyak 3.088 siswa. Total jumlahnya 3.088 siswa.

Jumlah SMA di Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota dan Kabupaten Tanah Datar sebanyak 47 sekolah. Rinciannya di Payakumbuh 11 SMA, Limapuluh Kota 17 SMA dan Tanah Datar 19 SMA.

Sedangkan jumlah peserta ujian akhir SMK di tiga daerah tersebut sebanyak 4.136 siswa. Rinciannya, Kota Payakumbuh sebanyak 1.935 orang, Kabupaten Limapuluh Kota 1.209 orang dan Tanah Datar sebanyak 990 orang. Siswa SMK Kelas XII di Kota Payakumbuh lebih banyak dari Kabupaten Limapuluh Kota dan juga Kabupaten Tanah Datar.

Jumlah SMK di Kota Payakumbuh 8 sekolah. Di Kabupaten Limapuluh Kota 7 SMK dan di Kabupaten Tanah Datar 8 SMK, sehingga totalnya 23 SMK di tiga daerah itu. Jumlah siswa SMK terbanyak di Kota Payakumbuh. Bahkan, jumlah siswa SMK di Kota Payakumbuh lebih banyak dibanding jumlah siswa SMA. (erz)