Tim Safari Ramadhan OSIS SMAN 1 Lareh Sago Halaban Sudah Kunjungi 20 Masjid

oleh -211 klik
Kepala SMAN 1 Lareh Sago Halaban (LSH) Kabupaten Limapuluh Kota Arizon, M.Pd bersama dengan Ketua OSIS SMAN 1 LSH, M. Rafiz Maulana dan Heridito pengurus OSIS lainnya, Rabu (28/04/2021). ERZ
Kepala SMAN 1 Lareh Sago Halaban (LSH) Kabupaten Limapuluh Kota Arizon, M.Pd bersama dengan Ketua OSIS SMAN 1 LSH, M. Rafiz Maulana dan Heridito pengurus OSIS lainnya, Rabu (28/04/2021). ERZ

JERNIHNEWS.COM-Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Negeri 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban (LSH) Kabupaten Limapuluh Kota melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan di Bulan Ramadhan 1442 H. Hingga hari ke-16 Ramadhan, setidaknya sudah 20 masjid yang dikunjungi oleh Tim Safari Ramadhan OSIS SMAN 1 LSH.

"Syukur alhamdulillah, sudah 20 masjid yang dikunjungi oleh Tim Ramadhan OSIS SMAN 1 Lareh Sago Halaban," kata Ketua OSIS SMAN 1 LHS, M. Rafiz Maulana, siswa Kelas X Jurusan Fisika, Rabu (28/04/2021).

Menurut Afiz, satu Tim Ramadhan terdiri dari lima orang. Sedangkan jumlah tim ada lima. Masing-masing anggota tim memiliki peran tersendiri. Ada yang sebagai pembawa acara atau protokol alias MC, pembaca ayat suci alquran, sosialisasi sekolah, berceramah atau tauziah dokumentasi, dan arsip absen. Peran masing-masing mereka digilir. Dalam kegiatan ini OSIS bekerja sama dengan Rohis SMAN 1 LSH.

Kesempatan bagi pengurus dan anggota OSIS itu tampil dalam Tim Ramadhan menjadi ajang uji nyali dan ajang latihan kepemimpinan bagi mereka. Banyak pengalaman dan hal-hal baru yang mereka jumpai bagi mereka. Pengalaman dan hal-hal baru menjadi sangat bermanfaat bagi mereka baik sekarang maupun di masa mendatang, sebagai generasi penerus bangsa.

"Sungguh banyak pengalaman yang kami dapat dari kegiatan Safari Ramadhan. Ini ajang bagi kami untuk tampil berbicara di muka umum. Tentu saja ini juga sebagai kesempatan latihan kepemimpinan," sebut Rafiz yang juga didampingi Heridito, pengurus OSIS lainnya.

Masyarakat atau jamaah masjid yang mereka datangi semuanya menyambut hangat kunjungan Tim Safari Ramadhan OSIS SMAN 1 LSH. Tidak saja, soal isi ceramah dan kondisi sekolah yang ditanya jemaah, tetapi juga banyak yang bertanya tentang data diri para pengurus dan anggota OSIS itu. Bahkan sebagian pengurus juga memberikan mereka 'amplop' sumbangan dari para jamaah.

Tapi bagi mereka, sama sekali tidak mengharapkan 'amplop'titipan jamaah dan pengurus masjid, tetapi yang terpenting adalah diberikan kesempatan untuk tampil dalam kerangka menguji kemampuan berbicara di muka umum.Yang mana kemampuan tersebut sangat berguna bagi mereka dalam mempersiapkan masa depan mereka yang masih panjang.

Didukung Kepala Sekolah

Kepala SMAN 1 LSH, Arizon, M.Pd mendukung penuh kegiatan Tim Safari Ramadhan OSIS sekolah yang dipimpinnya. Kunjungan pengurus dan anggota OSIS yang tergabung dalam Tim Safari Ramadhan terkadang juga didampingi oleh guru pembina.

Arizon pun membenarkan bahwa ajang Safari Ramadhan tersebut menjadi kesempatan bagi siswa mengasah kemampuan mereka tampil dan bersosialisasi di tengah-tengah masyarakat. Kesempatan itu sangat sulit ditemui oleh para siswa pada waktu-waktu lain.

"Kita mendukung anak-anak kita. Safari Ramadhan ini sangat banyak manfaatnya. Apalagi salah satu tujuan juga untuk mensosialisasikan keberadaan dan aktifitas SMAN 1 Lareh Sago Halaban. Keberanian mereka tampil di hadapan jamaah dan masyarakat akan menjadi modal besar bagi mereka kelak menjadi calon-calon pemimpin," kata Arizon yang juga Ketua MKKS SMA se-Kabupaten Limapuluh Kota. (erz)