Baliho Chairul Kental Aroma Pilkada Payakumbuh?

oleh -224 klik
Baliho ucapan selamat menunaikan ibadah puasa, Drs. H. Chairul Anwar, Apt, anggota DPR RI Fraksi PKS dari Dapil Riau yang dipasang di Jl. Soekarno Hatta, Koto Nan IV, Kota Payakumbuh sejak awal April 2021. IST
Baliho ucapan selamat menunaikan ibadah puasa, Drs. H. Chairul Anwar, Apt, anggota DPR RI Fraksi PKS dari Dapil Riau yang dipasang di Jl. Soekarno Hatta, Koto Nan IV, Kota Payakumbuh sejak awal April 2021. IST

JERNIHNEWS.COM-Menjelang memasuki Bulan Ramadhan 1442 H/2021 M, sebuah baliho besar ucapan selamat menunaikan ibadah puasa dipasang di Jl. Soekarno-Hatta, Koto Nan IV, Kota Payakumbuh. Sepintas lalu, baliho itu biasa saja. Namun bagi masyarakat yang melek politik, baliho itu cukup mendapat perhatian. Beraroma Pilkada? begitulah di antara kesimpulan warga.

Postingan di dinding FB Sahabat Riza Falepi, Kamis (08/04/2021) pukul 20.49 WIB. ERZ
Postingan di dinding FB Sahabat Riza Falepi, Kamis (08/04/2021) pukul 20.49 WIB. ERZ

Pada baliho berukuran sekitar 5 x 10 meter itu terpampang foto besar seseorang. Nama sosok itu ada di sebelah foto tersebut. Drs. H. Chairul Anwar, Apt, Anggota DPR RI Periode 2004-2024, Putra Payakumbuh begitu lah ditulis. Chairul mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa 1442 H. "Semoga Kita Menjadi Insan yang Bertakwa" begitu isi pesan berikutnya. Lalu pada bagian bawah baliho juga ditulis "Membangun Payakumbuh Madani".

Keberadaan baliho itu cukup mendapatperhatian warga, karena ada yang baru dan terasa agak janggal. Kenapa? Karena Chairul Anwar adalah sosok yang rasa-rasanya belum pernah muncul balihonya di Kota Payakumbuh sebelumnya. Apalagi politisi PKS itu, tidak berasal dari daerah pemilihan (Dapil) Sumbar. Tapi, dari Dapil Riau I, provinsi tetangga Sumbar.

Baliho ucapan selamat menunaikan ibadah puasa Chairul Anwar itu muncul, ketika 5 anggota DPR RI dapil Sumbar 2 yang meraup suara di Kota Payakumbuh, nyaris hilang jejaknya di Luak Limopuluah. Balihonya pun tak tampak, entahlah kalau kepeduliannya. Lima anggota DPR RI itu adalah Nevi Zuairina (PKS), Rizki Pratama (Partai Gerindra), Johannes Kenedi (Partai Golkar), Guspardi Gaus (PAN) dan M. Iqbal (PPP).

Sedangkan Anggota DPR RI Rezka Oktaberia yang merupakan PAW dari Mulyadi (mundur saat Pilgub Sumbar dan kalah), kini sangat rajin dan semangat pulang kampung. Rezka seolah-olah mewakili peran 5 anggota DPR RI Dapil Sumbar 2 lainnya di Luak Limopuluah.

Ketidakmunculan 5 anggota DPR RI Dapil Sumbar 2 di Luak Limopuluah menyebabkan kehadiran baliho Chairul Anwar semakin mencuri perhatian.

"Berniat pulang kampung beliau untuk BA 1 M," kata Asre, salah seorang pemerhati politik Luak Limopuluah, menanggapi soal baliho tersebut.

Anggapan Asre itu, mungkin benar. Karena diperkuat dengan pemuatan postingan bersponsor di dinding akun Facebook Sahabat Riza Falepi, Walikota Payakumbuh. Pada postingan itu ditulis, bahwa Chairul Anwar adalah uda (abang) dari Riza Falepi yang sukses di rantau. Chairul akan pulang kampung ke Koto Nan Gadang, untuk melanjutkan pembangunan Kota Payakumbuh. Berikutnya ditulis tagar calon pemimpin payakumbuh.

"Beliau ini uda saya, Chairul Anwar, yang sukses di rantau, pulang kampuang ka Koto Nan Gadang, ingin melanjutkan pembangunan Kota Payakumbuh. #calonpemimpinpayakumbuh," tulis postingan pada akun Sahabat Riza Falepi, Kamis (08/04/2021) pukul 20.49 WIB.

Postingan di dinding FB Sahabat Riza Falepi itu mendapat belasan komentar dari netizen. Umumnya menyatakan mantap. Tapi ada juga yang rada-rada belum mengenal sosok Chairul Anwar.

Pantaslah Riza Falepi memanggil Uda kepada Chairul Anwar. Riza kini berusia 50 tahun, sedangkan Chairul 57 tahun. Riza lahir di Payakumbuh, 17 Juni 1970. Sedangkan Chairul lahir di Pekanbaru 13 Oktober 1963. Usia kedua politisi PKS itu terpaut 7 tahun.

Seandainya Chairul Anwar nantinya jadi ikut di Pilkada 2024, makanya usianya saat itu genap 60 tahun. Sedangkan Riza Falepi saat ikut Pilkada Kota Payakumbuh di tahun 2012 dan terpilih saat usia 43 tahun.

Biodata pada keanggotaan DPR RI, Chairul Anwar pendidikan sekolah dasar di SD Cipinang Melayu (1969 - 1975). Berikutnya SMPN 80 Jakarta (1975 - 1979). Selanjutnya SMAN 12 Jakarta (1979 - 1982). Sedangkan kuliah S1 Farmasi, FMIPA UI (1982 - 1989) dan S2 Profesi Farmasi UI (1989 - 1991).

Menurut Asre, baliho besar ucapan selamat menunaikan ibadah puasa yang dipasang politisi PKS Chairul Anwar, dalam rangka meningkatkan popularitas untuk persiapan Pilkada Kota Payakumbuh. Karena beliau memang tidak lahir dan besar di Payakumbuh. "Ya tentu dalam rangka sosialisasi agar popularitasnya naik," sebut Asre.

Sumber Jernihnews.com di internal PKS, mengatakan survei merupakan hal terpenting bagi PKS. Pada setiap Pilkada, partai yang lahir di awal era reformasi itu selalu melaksanakan survei. Karena dilaksanakan secara benar, survei tersebut jarang yang meleset. Seperti juga survei untuk Pilgub Sumbar 2020 yang dimenangkan kader PKS Mahyeldi yang berpasangan dengan Audy Joinaldy.

Demikian pula pada survei PKS di Pilkada Kabupaten 50 Kota yang dimenangkan Safaruddin-Rizki Kurniawan Nakasri, survei itu juga tepat. Di Pilkada Kabupaten Limapuluh Kota, PKS hanya sebagai partai pendukung Safaruddin dan RKN, karena dari hasil survei tidak ada kadernya yang kuat di Limapuluh Kota, karena itu PKS memutuskan tidak mengusung kadernya sendiri.

Pilkada Kota Payakumbuh sedianya dilaksanakan tahun 2022. Namun karena ada UU pemilu dan pilkada serentak, maka Pilkada Kota Randang ini diundur pelaksanaannya menjadi 2024. Selama 2 tahun, Kota Payakumbuh nantinya akan dipimpin penjabat walikota, sampai selesai Pilkada 2024 dan dilantiknya walikota definitif hasil Pilkada serentak itu. (erz)