Ponpes Ma'arif As Sa'adiyah Terima Bantuan Rp10 Juta dari Kemenag Sumbar

oleh -97 klik
Ketua DPRD Sumbar Supardi menyerahkan bantuan Kanwil Kemenag Sumbar sebanyak Rp10 juta kepada KH. Sudirman Syair pimpinan Ponpes Ma'arif As Sa'adiyah Simalanggang, yang disaksikan Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri, S.Ag, M.Pd, Kamis (08-04-2021) di Padang Tarok, Kabupaten Agam. IST
Ketua DPRD Sumbar Supardi menyerahkan bantuan Kanwil Kemenag Sumbar sebanyak Rp10 juta kepada KH. Sudirman Syair pimpinan Ponpes Ma'arif As Sa'adiyah Simalanggang, yang disaksikan Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri, S.Ag, M.Pd, Kamis (08-04-2021) di Padang Tarok, Kabupaten Agam. IST

JERNIHNEWS.COM- Pondok Pesantren Ma'arif As Sa'adiyah Batu Nan Limo Simalanggang, Kabupaten Limapuluh Kota mendapat bantuan dari Kanwil Kemenag Sumbar Rp 10 juta. Bantuan diserahkan oleh Ketua DPRD Provinsi Sumbar Supardi kepada Pimpinan Ponpes Ma'arif As Sa'adiyah KH. Sudirman Syair yang disaksikan oleh Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri, S.Ag, M.Pd.

Bantuan tersebut diserahkan pada Kamis (08-04-2021) di acara Wisuda Tahfiz Rumah Alquran Lillahitaala, Padang Tarok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam. Selain Ponpes Ma'arif As Sa'adiyah, bantuan serupa juga diberikan kepada Rumah Alquran Lillahitaala yang sedang melaksanakan wisuda tahfiz. Acara tersebut dihadiri banyak pejabat, tamu dan undangan lainnya.

"Syukur alhamdulillah, pondok pesantren kita dapat bantuan dari Kanwil Kemenag Sumbar senilai Rp10 juta. Terima kasih kepada Pak Kepala Kanwil Sumbar, Pak Hendri," kata Pimpinan Ponpes Ma'arif As Sa'adiyah, KH. Sudirman Syair kepada jernihnews.com , saat mengunjungi kantor redaksi media online yang beralamat di Jl. Sudirman No. 135 Balai Cacang Koto Nan Gadang, Payakumbuh ini, Jumat (09-04-2021).

Selain menerima bantuan dari Kanwil Kemenag Sumbar, menurut KH. Sudirman Syair, peluang bantuan lainnya melalulai APBD Provinsi Sumbar juga sudah disampaikan langsung oleh Ketua DPRD Sumbar, Supardi.

"Kebutuhan kita menambah lokal, agar ponpes kita bisa menambah kuota penerimaan santri. Pak Supardi meminta kita untuk mengajukan permohonan kepada Gubernur Sumbar dan ditembuskan ke DPRD Sumbar," sebut KH. Sudirman Syair.

Berikutnya, Ponpes yang santrinya didominasi oleh keluarga menengah ke bawah, bahkan juga banyak menampung santri dari keluarga tidak mampu ini juga tengah menunggu bantuan dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) sebesar Rp1,2 miliar. Bantuan itu juga direncanakan untuk penyiapan asrama santri serta penambahan ruang belajar.

"Mudah-mudahan jika tidak ada halangan, insyaallah pondok pesantren kita juga akan menerima bantuan dari PB NU. Nilainya alhamdulillah cukup besar. Kita akan bisa menyiapkan bangunan asrama menjadi bertingkat dan tambahan ruang belajar," ujar pria,mantan ASN guru salah satu SMPN di Kota Payakumbuh itu.

Ponpes Ma'arif As Sa'adiyah memang terus berbenah. Kini ponpes ini semakin indah sehingga membuat santri betah dan nyaman menuntut ilmu. Pembenahan semakin terasa sejak Yayasan Ponpes Ma'arif As Sa'adiyah dipimpin oleh Prof. Ganefri, Ph.D yang juga merupakan Rektor UNP sekaligus Ketua Pimpinan Wilayah (PW) NU Provinsi Sumbar.

"Semenjak yayasan kita dipimpinan Pak Prof Ganefri, pembenahan telah banyak dilakukan. Makin banyak yang perhatian dengan ponpes ini," kata KH. Sudirman Syair menandaskan. (erz)