Jelang Ramadhan, Warga Koto Baru Balai Janggo Makan Basamo

oleh -320 klik
Silaturahmi dan makan basamo warga Koto Baru Balai Janggo, Kelurahan Kapalo Koto, Nagari Koto Nan Gadang Kota Payakumbuh yang juga dihadiri Ketua Umum Ikatan Keluarga Koto Nan Gadang (IKK) Jabodetabek Joni Hendri S.Kom, MM, Jumat (09-04-2021) di Ijok Tanjuang, Kelurahan Kapalo Koto Dibalai, Kota Payakumbuh. TT
Silaturahmi dan makan basamo warga Koto Baru Balai Janggo, Kelurahan Kapalo Koto, Nagari Koto Nan Gadang Kota Payakumbuh yang juga dihadiri Ketua Umum Ikatan Keluarga Koto Nan Gadang (IKK) Jabodetabek Joni Hendri S.Kom, MM, Jumat (09-04-2021) di Ijok Tanjuang, Kelurahan Kapalo Koto Dibalai, Kota Payakumbuh. TT

JERNIHNEWS.COM- Menjelang Bulan Ramadhan 1442 H/2021 M, warga Koto Baru Balai Janggo, Kelurahan Kapalo Koto Dibalai Nagari Koto Nan Gadang Kota Payakumbuh bersilaturahmi sembari makan basamo Jumat (09-04-2021). Acara turut dihadiri Ketua Umum Ikatan Keluarga Koto Nan Gadang (IKK) Jabodetabek, Joni Hendri, S.Kom, MM yang sengaja pulang kampung.

Makan Basamo. ERZ
Makan Basamo. ERZ

Hadir puluhan masyarakat baik dari unsur cadiak pandai, tokoh masyarakat dan para pemuda. Acara silaturahmi sembari makan basamo itu sangat kental dengan suasana kekeluargaan. Penggagas kegiatan, Novriadi yang juga Sekretaris Umum Pengurus Masjid Baitussalam.tampaknya sudah menyiapkan dengan baik dan apik.

Pembacaan doa oleh Ust. Syafrial, S.Pd. ERZ
Pembacaan doa oleh Ust. Syafrial, S.Pd. ERZ

Sembari menyuap nasi, beberapa hadirin menyampaikan kenangan mereka ketika makan basamo belasan bahkan puluhan tahun lalu. Makan basamo memang sudah menjadi tradisi masyarakat Koto Nan Gadang, termasuk di Koto Baru Balai Janggo. Terutama menjelang Ramadhan dan sesudah Bulan Ramadhan. Banyak kenangan manis yang menarik dan enak untuk diceritakan kembali oleh mereka.

Baca Juga

Selesai makan basamo dilanjutkan dengan acara ramah tamah. Joni Hendri selaku tokoh masyarakat perantau yang pulang kampung jelang bulan puasa didampuk menyampaikan sambutan sepatah dua patah kata. Acara ramah tamah dipandu oleh Yon Erizon.

Joni Hendri berterima kasih dan merasa tersanjung dapat hadir di tengah-tengah masyarakat Koto Baru Balai Janggo dan Koto Nan Gadang umumnya, bersilaturahmi sembari makan basamo. Begitu mendapat telepon dari Novriadi soal undangan agenda silaturahmi sembari makan basamo menjelang memasuki Bulan Ramadahan, Joni menyatakan kesiapannya.

Dia pun langsung ambil tiket untuk pulang kampung, sembari juga akan menemui kedua orang tua dan keluarga besarnya guna bermaaf-maafan sebelum memasuki bulan puasa. Pengusaha nasional pada berbagai bidang itu, mengatakan tradisi makan basamo sambil silaturahmi menjelang Bulan Ramadhan merupakan tradisi yang perlu dilestarikan. Karena banyak nilai-nilai positifnya.

"Biasanya di rumah gadang kita juga silaturahmi dan makan basamo menjelang Ramadhan. Tapi karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, maka acara makan basamo kini pakai nasi bungkus dan diselenggarakan secara sederhana. Yang terpenting kita dapat saling bermaaf-maafan," kata Joni Hendri.

Berikutnya, sehubungan seringnya nama Joni Hendri disebut-sebut sekaitan dengan Pemilihan Walikota Payakumbuh tahun 2024, Joni menyatakan terlalu dini membahas hal tersebut. Namun demikian, dia berterima kasih telah ikut menjadi perbincangan dalam kancah politik Payakumbuh. Joni selalu berharap masukan dan nasehat dari masyarakat Koto Nan Gadang.

Para peserta silaturahmi dan makan basamo itu tampaknya sangat berharap, Joni Hendri dapat menjadi pelanjut dari kepemimpinan Riza Falepi yang juga berasal dari Koto Nan Gadang.

Acara tersebut ditutup dengan doa yang dibacakan oleh Ustadz. Syafrial S.Pd. Hadirin mengaimini dengan khusuk, doa-doa yang dibacakan Ustadz. Syafrial yang isinya didominasi permintaan agar diberikan kesehatan dan kesempatan yang baik untuk beribadah secara optimal selama Bulan Ramadhan 1442 H/2021 M. (erz)