Siswi SMAN 1 LSH Juara 2 Lomba Duta Genre Tingkat Sumbar

oleh -398 klik
Wahyu Indah dan Wakil Bupati Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri. Wahyu Indah Juara 2 Lomba Duta Genre Tingkat Sumatera Barat, Selasa  (06/04/2021) di Hotel Mercuri Padang. Prestasi siswa SMAN 1 Lareh Sago Halaban, Kab.Limapuluh Kota itu sungguh membanggakan. DINAS KOMINFO
Wahyu Indah dan Wakil Bupati Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri. Wahyu Indah Juara 2 Lomba Duta Genre Tingkat Sumatera Barat, Selasa (06/04/2021) di Hotel Mercuri Padang. Prestasi siswa SMAN 1 Lareh Sago Halaban, Kab.Limapuluh Kota itu sungguh membanggakan. DINAS KOMINFO

JERNIHNEWS.COM- Wahyuni Indah, siswi SMAN 1 Lareh Sago Halaban (LSH) Kabupaten Limapuluh Kota, sukses menorehkan prestasi membanggakan. Indah begitu sapaannya, terpilih sebagai Juara 2 Lomba Duta Genre (Generasi Berencana) Tingkat Sumatera Barat yang dilaksanakan di Hotel Marcure, Padang, Selasa (06/04/2021).

"Alhamdulillah, anak kami Indah Juara 2 Duta Genre Tingkat Sumatera Barat. Ini sungguh membanggakan. Indah masih berpeluang besar untuk lanjut ke tingkat nasional," kata Arizon, M.Pd kepala SMAN 1 LSH Limapuluh Kota kepada jernihnews.com, Kamis (08-04-2021)

Menurut, Arizon, mengingat Indah masih berpeluang besar untuk lanjut ke lomba Duta Genre Tingkat Nasional, maka kini siswi berparas putih cantik itu mengikuti rangkaian pelatihan Duta Genre berupa 1.100 teknik berkomunikasi.

"Sekarang Indah mengikuti pelatihan di Hotel Rocky Bukittinggi. Peluang Indah masih besar untuk lanjut ke tingkat nasional, " ujar Arizon yang juga Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Limapuluh Kota.

Sebelumnya pada Selasa (30/03/2021) Wahyuni Indah sempat temu ramah dengan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan Anakasri di ruang kerja Wakil Bupati Lima Puluh Kota Tanjung Pati,Sarilamak. Saat itu Indah difasilitasi oleh Kepala Dinas DP2KBP3A Fidria Fala AP, M.Si. Saat itu, Indah berdua dengan Duta Genre yang putra, yakni Alan dari SMAN Kecamatan Akabiluru

Wabup memberikan beberapa masukan kepada dua muda mudi duta genre Lima Puluh Kota ini untuk menjadi bekal mereka. Mengubah bahasa teori menjadi bahasa umum adalah kunci komunikasi karena sebagai duta harus bisa menyampaikan bahasa yang mudah dipahami masyarakat semua kalangan.

Kedua adalah menambah pengentahuan dengan banyak membaca karena dengan banyak membaca wawasan dan ilmu pengetahuan makin luas.

Ketiga orang yang hebat dalam berkomunikasi bukan orang yang banyak menggunakan istilah-istilah keren tetapi orang yang hebat dalam berkomunikasi adalah ketika dia berbicara di depan semua kalangan orang dapat mengerti apa yang dia bicarakan .

"Pertemuan kita hari ini dalam rangka memperkenalkan duta genre dan meminta izin serta doa dari Wabup untuk mengikuti lomba genre se-Provinsi Sumatera Barat yang akan diadakan selama 3 hari dari Kamis sampai Sabtu," kata Fidria Fala menyampaikan laporan kepada Wabup Rizki, sebagaimana dikutip dari Laman Dinas Kominfo.

Perlombaan Duta Genre tidak sama seperti perlombaan-perlombaan yang lain. Pada prinsipnya mereka dilihat dari kemampuan bagaimana mensosialisasikan program-program genre di daerah mereka.

"Kita harapkan untuk 1 tahun ke depan mereka dapat mensosialisasikan 3 program genre berikut, yakni tidak seks bebas, tidak narkoba dan tidak melakukan pernikahan usia anak. Kita berharap duta Genre Kabupaten Limapuluh kota bisa membawa dan mengharumkan nama Kabupaten Lima Puluh Kota di tingkat Provinsi Sumatera Barat, " kata Wabup Rizki penuh harap. (erz)