Gubernur Lantik Hendri Septa Jadi Walikota Padang

oleh -89 klik
Gubernur Sumbar Mahyeldi melantik Hendri Septa sebagai Walikota Padang, Rabu (07/04/2021) di Auditorium Gubernuran Sumbar. NET
Gubernur Sumbar Mahyeldi melantik Hendri Septa sebagai Walikota Padang, Rabu (07/04/2021) di Auditorium Gubernuran Sumbar. NET

JERNIHNEWS.COM- Gubernur Sumbar Mahyeldi melantik Hendri Septa sebagai Walikota Padang di Auditorium Gubernuran Sumbar, Rabu (07/04/2021). Pelantikan dilakukan bersama Penjabat (Pj) Bupati Solok Heri Nofiardi.

Pengambilan sumpah jabatan dilaksanakan Gubernur Sumbar Mahyeldi atas nama Presiden RI. Ucapan sumpah diiringi Hendri Septa dan Heri Nofiardi.

Sebelum mengambil sumpah, gubernur menanyakan kesediaan Hendri Septa dan Heri Nofiardi diambil sumpahnya. Semua menjawab bersedia dan sumpah menurut agama Islam.

"Saya perlu mengingatkan, bahwa sumpah yang saudara ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara, tanggung jawab memelihara Pancasila dan UUD 1945, serta tanggungjawab terhadap kesejahteraan rakyat," katanya, sebagaimana dikutip dari Langgam.

Sumpah menurutnya di samping disaksikan oleh diri sendiri dan disaksikan semua yang hadir, dan penting juga disadari sumpah disaksikan Tuhan Yang Maha Esa, karena Tuhan Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai, pertama Wali Kota Padang, kedua Pj Bupati Solok, memegang teguh UUD 1945, dan menjalankan segala undang-undang, dan peraturannya, dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," katanya.

Setelah diambil sumpah, kedua kepala daerah menantangani berita acara dan pakta integritas yang juga disaksikan Wakil Gubernur Audy Joinaldy. Keduanya diberikan tanda pangkat oleh Gubernur dan petikan surat keputusan Menteri Dalam Negeri.

Sebelumnya, Hendri Septa menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Padang sejak 25 Februari. Dulunya, Hendri Septa menjabat sebagai Wakil Walikota Padang mendampingi Mahyeldi selaku Walikota. Berikutnya, Mahyeldi ikut Pemilihan Gubernur Sumbar 2020 berpasangan dengan Audy Joinaldy, dan berhasil terpilih.

Setelah Mahyeldi dilantik menjadi Gubernur Sumbar, berikutnya Hendri Septa menjadi Plt Walikota Padang. Kini, Hendri Septa telah resmi menjadi Walikota Padang.

Sedangkan Heri Nofiardi akan menjabat sebagai Pj Bupati Solok sampai 25 April nanti. Dia menjabat sampai dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Solok terpilih Epyardi Asda-Jon Firman Pandu pada 26 April 2021. (pr)