Perbaikan Jalan Galugua Butuh Sinergi Pusat dan Daerah

oleh -135 klik
Beginilaih kondisi jalan menuju Nagari Gelugur, Kecamatan Kapur IX Kabupaten Limapuluh Kota yang penuh lubang dan lumpur. NET
Beginilaih kondisi jalan menuju Nagari Gelugur, Kecamatan Kapur IX Kabupaten Limapuluh Kota yang penuh lubang dan lumpur. NET

JERNIHNEWS.COM-Tertinggal, begitulah kondisi Nagari Gelugur, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota. Jalan menuju nagari yang berbatasan langsung dengan Provinsi Riau tersebut penuh lubang dan lumpur. Kondisi itu pun dilihat langsung oleh Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dan anggota DPR-RI, Rezka Oktoberia, Sabtu (03/04/2021).

Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo dan anggota DPR RI Rezka Oktoberia mengunjungi Nagari Gelugur, Sabtu (03-04-2021). IST
Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo dan anggota DPR RI Rezka Oktoberia mengunjungi Nagari Gelugur, Sabtu (03-04-2021). IST

"Kunjungan ke sini dalam rangka melihat kondisi terkini jalan-jalan menuju dan di sekitar wilayah terjauh Nagari Gelugur sejalan dengan visi misi kami dengan pemerintah pusat untuk memprioritaskan pembangunan infrastruktur di daerah pinggiran atau terisolir," kata Bupati di Nagari Gulugur, Sabtu (03/04/2021).

Dari hasil peninjauan di Lapangan Bupati bersama Rezka Oktoberia serta Forkopimda yang ikut mendampingi mengatakan kondisi rusak parah yakni jalan provinsi mulai dari Sialang sampai Tanjung Jajaran menuju Kabupaten Kampar.

"Jadi kunjungan bersama Anggota DPR-RI Rezka Oktoberia ini diharapkan nanti sinergitas kami bersama dapat memperjuangkan jalan provinsi ini bisa menjadi prioritas pemerintah provinsi dan Kementrian PUPR untuk segera diperbaiki," kata Safar.

Salah seorang warga Nagari Gelugur, Amran mengharapkan sangat kepada bupati dan anggota DPR-RI Rezka Oktoberia untuk dapat memperjuangkan aspirasi masyarakat Gelugur dan sekitarnya agar jalan menuju kampungnya menjadi prioritas pembangunan.

Sedangkan untuk jalan kabupaten menuju nagari tersebut meski tidak separah jalan provinsi namun Bupati mengatakan tetap akan memperbaikinya dengan menganggarkan lebih kurang Rp1 miliar setiap tahun.

Anggota DPR-RI, Rezka Oktoberia mengatakan kondisi infrastruktur di Galugua masih sama seperti kunjungannya di tahun 2014 silam.

"Status jalan provinsi ini perlu kolaborasi pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat untuk perubahan infrastruktur di Galugua. Pembangunan jangan hanya dinikmati segelintir wilayah yang dekat dengan pusat pemerintah atau kekuasaan," sebut Rezka.

Lanjutnya, meski bukan dari Komisi V, Rezka akan menindaklanjuti dan berkoordinasi dengan kader Partai Demokrat yang ada di komisi tersebut guna menyalurkan aspirasi dari masyarakat sehingga perbaikan infrastuktur khususnya jalan ini bisa segera mendapat perhatian dari pemerintah pusat.

"Ini sesuai dengan visi misi pak Jokowi terkait infrastruktur, semoga ini segera menjadi perhatian. Mohon doa dan dukungan dan mari kita kawal bersama agar ini bisa segera diperbaiki," ujarnya. (syn)