43 Warga Durian Gadang Limapuluh Kota Positif Covid-19

oleh -251 klik
Logo Covid-19. NET
Logo Covid-19. NET

JERNIHNEWS.COM-Beredar kabar sebanyak 43 orang warga Nagari Durian Gadang Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Limapuluh Kota positif terinfeksi Covid-19 pada Selasa (30/03/2021).

Surat Himbauan Wali Nagari Koto Tangah Kecamatan Akabiluru Kabupaten Limapuluh Kota yang beredar luas di media sosial. NET
Surat Himbauan Wali Nagari Koto Tangah Kecamatan Akabiluru Kabupaten Limapuluh Kota yang beredar luas di media sosial. NET

"Kami laporkan kondisi terkini Nagari Durian Gadang, dari hasil tracking warga, sebanyak 3 gelombang swab. Dari swab pertama 2 orang positif covid19, SWAB kedua, 9 orang Positif Covid-19, dan swab ketiga positif 32 orang, total positif terpapar virus corona sebanyak 43 orang, status Nagari Durian Gadang di atas garis merah, dikategorikan telah mewabah," isi tulisan yang beredar luar di media sosial.

Pada pesan itu juga dituliskan sehubungan dengan banyaknya kasus positif Covid-19 di Nagari Durian Gadang, maka untuk itu akan dilaksanakan pembatasan kegiatan masyarakat, ASN, guru, dan wiraswasta, dan seluruh warga untuk sementara waktu dilarang keluar Nagari Durian Gadang.

Akan dilaksanakan segera swab terhadap seluruh warga Nagari Durian Gadang. Relawan sudah dibentuk dan telah bekerja, dan akan dibantu pihak kecamatan dan kabupaten.

"Mohon doa dari seluruh masyarakat, agar Nagari kita lewat dari wabah ini...wassalammualaikum wr, wb," lanjut isi pesan tersebut.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Provinsi Sumbat, Jasman Rizal dalam keterangan resminya menyampaikan bahwa untuk Sabtu tanggal 30 Maret 2021 sebanyak 42 kasus positif Covid-19 di Kabupaten Limapuluh Kota.

Wali Nagari Durian Gadang, Nanda Salman belum memberikan konfirmasi tentang hal ini. Wartawan Jernihnews.com yang berkali-kali menghubungi Nanda Salman melalui sambungan telepon genggam, tak berhasil. Meski ponsel wali nagari itu aktif, namun tak diangkat. Sedangkan nomor whatshapp Nanda tak aktif. Dikirimkan pesan konfirmasi lewat WA, tetapi tidak masuk.

Nagari Koto Tongah Waspada

Pada bagian lain, Nagari Koto Tangah Kecamatan Akabiluru yang berbatasan langsung wilayahnya dengan Nagari Durian Gadang mulai mengambil langkah antisipasi. Wali Nagari Koto Tangah Syamsul Akmal, A.Md mengeluarkan surat himbauan bagi warganya sehubungan dengan kejadian luar biasa (KLB) kasus Covid-19 di daerah tetangganya, Nagari Durian Gadang.

Surat himbauan tersebut berisi empat poin. Isinya, yakni:

  1. Untuk sementara waktu tidak mengunjungi atau keluar masuk ke Nagari Durian Gadang.
  2. Tidak mengadakan kerumunan atau keramaian yang berpotensi menjadi cluster baru Covid-19.
  3. Tidak mengadakan kegiatan wisata atau jalan-jalan keluar dari wilayah Kabupaten Limapuluh Kota.

Senantiasa mematuhi protokol Covid-19 dengan terus menerapkan hidup bersih sehat (phbs), mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker bila bepergian keluar rumah.

Surat Himbauan yang beredar luas di media sosial ini ditandatangani Wali Nagai Koto Tangah Batu Ampa, Syamsul Akmal, A.Md tertanggal 30 Maret 2021 dan dibubuhi stempel resmi wali nagari. (pr)