Gubernur Sumbar Akan Kukuhkan Pengurus Perwanaliko

oleh -139 klik
Para pengurus inti Perwanaliko periode 2021-2025  yang akan dikukuhkan bersama pengurus lainnya oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi, Rabu (31/03/2021) di Kampung Sarasah, Nagari Tarantang, Lembah Harau. JNC
Para pengurus inti Perwanaliko periode 2021-2025 yang akan dikukuhkan bersama pengurus lainnya oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi, Rabu (31/03/2021) di Kampung Sarasah, Nagari Tarantang, Lembah Harau. JNC

JERNIHNEWS.COM-Ketua Umum Persatuan Wali Nagari Limapuluh Kota (Perwanaliko) Periode 2021-2025 terpilih, Sudahri SW, SE mengatakan pengurus Perwanaliko akan dikukuhkan pada Rabu (31/03/2021) oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi di Aula Kampung Sarasah, Nagari Tarantang, Lembah Harau.

Spanduk acara pengukuhan Perwanaliko. IST
Spanduk acara pengukuhan Perwanaliko. IST

"Syukur alhamdulillah dan terima kasih yang tak terhingga Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi telah menyatakan kesediaannya mengukuhkan langsung pengurus Perwanaliko," kata Sudahri kepada jernihnews.com, Selasa (30/03/2021) sore di sela-sela persiapan acara, sembari menegaskan bahwa acara dilaksanakan dengan penerapan Prokes Covid-19.

Latihan persiapan Tari Pasambahan Sanggar Puti Sari Banilai yang berasal dari Jorong Lubuak Limpato, Nagari Tarantang, asuhan Yusrizal, A.Md.T Ketua Banmus Nagari Tarantang terpilih yang juga ketua panitia pelantikan.
Latihan persiapan Tari Pasambahan Sanggar Puti Sari Banilai yang berasal dari Jorong Lubuak Limpato, Nagari Tarantang, asuhan Yusrizal, A.Md.T Ketua Banmus Nagari Tarantang terpilih yang juga ketua panitia pelantikan.

Menurut Sudahri yang merupakan Wali Nagari Tarantang Kecamatan Harau, pengukuhan pengurus Perwanaliko dihadiri para wali nagari, Forkopimda Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh, LKAAM, niniak mamak, tokoh masyarakat Nagari Tarantang dan para undangan lainnya.

Salah satu undangan dan tamu istimewa dalam acara tersebut, sebut Sudahri adalah Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Padang, Syamsi Hari SE MM. Pada Selasa malam, Syamsi Hari telah menginap di Kampung Sarasah, Lembah Harau. Kehadiran Kepala BLK Padang Syamsi Hari mempertegas perhatiannya terhadap Perwanaliko.

Kiriman papan bunga dari berbagai pihak semakin memparipurnakan kesuksesan kegiatan pengukuhan. IST
Kiriman papan bunga dari berbagai pihak semakin memparipurnakan kesuksesan kegiatan pengukuhan. IST

"Insyaallah BLK Padang yang dipimpin Pak Syamsi Hari telah menyampaikan perhatiannya kepada kami selaku Ketua Perwanaliko terpilih untuk memberikan pelatihan kepada generasi muda yang ada di nagari-nagari, terutama yang putus sekolah. Sehingga mereka memiliki skill dan berikutnya dapat memasuki dunia kerja serta membuka lapangan pekerjaan sendiri," kata Sudahri yang juga pernah menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota.

Sebelumnya, Sudahri juga mengungkapkan bahwa dia selaku ketua umum terpilih bersama dengan para anggota tim formatur telah berupaya optimal menyusun kepengurusan Perwanaliko periode 2021-2025 dengan sebaik mungkin, dengan harapan di periode ini program-program organisasi dapat berjalan secara maksimal. Sehingga juga dapat membawa kemajuan bagi masing-masing nagari di Kabupaten Limapuluh Kota yang jumlahnya sebanyak 79 nagari yang tersebar di 13 kecamatan.

Dipaparkan Sudahri, bahwa yang menjadi Sekretaris Umum Perwanaliko adalah Ardi SH, Wali Nagari Limbanang yang pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota. Sedangkan Bendahara Umum Perwanaliko dijabat H. Abdul Malik, Wali Nagari Koto Alam yang juga pernah diamanahkan menjadi anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota. "Jadi kami yang diamanahkan menjadi ketua umum, sekretaris umum dan bendahara umum adalah sosok-sosok yang pernah menjadi anggota legislatif," sebut Sudahri.

Sudahri yang juga pernah berkarir di dunia jurnalistik itu menuturkan tentang visinya yang ingin mewujudkan Perwanaliko sebagai organisasi yang memiliki keunggulan dan solidaritas yang tinggi. Sedangkan misinya, ingin meningkatkan kinerja pengurus Perwanaliko sehingga bisa menjembatani perbedaan anggota Perwanaliko tanpa kesenjangan sosial.

Dalam program kerjanya, Sudahri menyampaikan bawa Perwanaliko ke depan akan mengusulkan program dan kegiatan yang tidak tertangani oleh keuangan nagari ke pemkab, pemprov hingga pemerintah pusat dan pihak ketiga baik BUMN, BUMD atau pun hingga lembaga internasional. (erz)

Berikut ini adalah susunan pengurus Perwanaliko Periode 2021-2025:

SUSUNAN PENGURUSPERSATUAN WALI NAGARI LIMA PULUH KOTA (PERWANALIKO)PERIODE 2021-2025

  • Ketua Umum : Sudahri SW, SE (WN Tarantang-Harau)
  • Ketua I : Rilson Dt. Mangguang (WN Tanjung Gadang - Lareh Sago Halaban)
  • Ketua II : Yusarlis Dt. Rajo Penghulu (WN Koto Bangun - Kapur IX)
  • Ketua III: M.H. Dt. Bogah (WN Koto Tangah Simalanggang - Payakumbuh)
  • Sekretaris Umum: Ardi, SH (WN Limbanang - Suliki)
  • Sekretaris I : Yusrizal, Dt. Pado (WN Situjuah Tungka - Situjuah Limo Nagari)
  • Sekretaris II: Zamri (WN Koto Tangah - Bukit Barisan)
  • Sekretaris III: L.H Dt. Sinaro Nan Babudi (WN Sungai Beringin - Payakumbuh)
  • Bendahara Umum: H. Abdul Malik (WN Koto Alam - Pangkalan Koto Baru)
  • Wakil Bendahara I: Feliadi (WN Simpang Kapuak - Mungka)
  • Wakil Bendahara II : Ardi Elis, SH (WN Durian Tinggi - Kapur IX)