17 Siswa SMAN 1 LSH Lulus SNMPTN, 2 Diterima di IPB

oleh -191 klik
Arizon, M.Pd Kepala SMAN 1 Lareh Sago Halaban (LSH) Kabupaten Limapuluh Kota dengan data siswa kelas XII yang diterima di PTN melalui jalur undangan atau SNPMTN Tahun 2021. ERZ JNC
Arizon, M.Pd Kepala SMAN 1 Lareh Sago Halaban (LSH) Kabupaten Limapuluh Kota dengan data siswa kelas XII yang diterima di PTN melalui jalur undangan atau SNPMTN Tahun 2021. ERZ JNC

JERNIHNEWS.COM-Kepala SMAN 1 Lareh Sago Halaban (LSH), Kabupaten Limapuluh Kota Arizon, M.Pd merasa senang dan bersyukur. Pasalnya 17 siswa kelas XII sekolah yang dipimpinnya lolos atau diterima di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur undangan atau SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) tahun 2021. Dua siswanya diterima di IPB University yang merupakan perguruan tinggi terbaik pertama nasional versi Kemendikbud tahun 2020.

"Alhamdulillah di tengah-tengah pengurangan kuota penerimaan calon mahasiswa melalui jalur SNMPTN secara nasional yang hampir separuh tahun 2021 ini, ternyata siswa kita bisa lolos sebanyak 17 orang. Ini sama dengan tahun lalu," kata Arizon, M.Pd kepada jernihnews.com, Senin (29/03/2021).

Di Kabupaten Limapuluh Kota, capaian SMAN 1 LHS ini hanya kalah dari SMAN 1 Suliki dan SMAN 1 Harau yang jumlah siswanya yang lolos melalui jalur SNMPTN sama-sama 24 orang. Kendati kalah dari 2 SMA itu, namun Kepsek Arizon tetap bangga, karena output dan kondisi masing-masing sekolah juga berbeda.

Dua dari 17 siswa diterima di IPB University, 9 diterima di UNP, 3 Unand, 1 Unja (Universitas Jambi), 1 Unsyiah, dan 1 Politeknik Negeri Medan. Arizon menyebut 2 siswinya yang diterima di IPB University berasal dari keluarga kurang mampu, sehingga diusulkan menerima beasiswa bidik misi.

"Keduanya berasal dari keluarga kurang mampu, tapi prestasi dan kemauan mereka untuk maju luar biasa. Mereka adalah Yulia Rahman dan Nadyatul Ayuni. Mereka masing-masing diterima pada Fakultas Kehutanan dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan," sebut Arizon yang juga Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Limapuluh Kota.

Hal lain yang menjadi catatan penting bagi Kepsek Arizon adalah kelulusan 3 siswanya di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UNP. Kelulusan itu sangat erat kaitannya dengan prestasi siswa tersebut sebagai atlet bola voli. Untuk atlet bola voli di Sumbar, SMAN 1 LSH banyak menyumbangkan atletnya. Sekolah ini memang menjadikan bola voli sebagai unggulannya di bidang olahraga.

Arizon berharap, 17 siswa kelas XII SMAN 1 LSH yang lulus melalui jalur SNMPTN untuk memastikan mengambil peluang itu dan tidak lagi mengikuti SBMPTN. Karena itu sangat berpengaruh terhadap kepercayaan PTN terkait terhadap SMAN 1 LSH, sehingga tahun mendatang sekolah ini tetap diberi kuota oleh PTN tersebut.

Tahun 2020 lalu, total jumlah lulusan SMAN 1 LSH yang diterima di berbagai PTN dan PTS sebanyak 180 orang atau lebih dari 80 persen. Mereka diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, jalur mandiri dan lainnya. Tahun 2021 ini diharapkan lebih banyak lagi lulusan sekolah tersebut yang melanjutkan studinya ke perguruan tinggi. Sedangkan jumlah peserta ujian akhir tahun 2021 ini sebanyak 230 orang.

Prestasi SMAN 1 LHS Lainnya

Di tahun ini, SMAN 1 LSH juga mencatatkan prestasi membanggakan. Meski masih di tengah kondisi pandemi Covid-19, tapi sekolah yang berada di kaki Gunung Sago itu berhasil siswanya menjadi Duta Genre Sumbar 2021 dan juga ikut dalam seleksi Paskibra Tingkat Sumbar. Kedua siswa itu masing-masing adalah Wahyuni Indah dan Muhammad Khaisar.

"Syukur alahamdulillah dua siswa kita itu berhasil mencatatkan prestasi. Mudah-mudahan mereka sukses," kata Arizon menandaskan. (erz)