Terseret Air Bah, 3 Mahasiswa UNP Tewas

oleh -717 klik
Tim gabungan BPBD, SAR, TNI, Polri dan masyarakat melakukan pencarian terhadap 3 mahasiswa UNP yang terseret air bah di Air Terjun Tiga Tingkat Lubuk Hitam, Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Padang, Jumat (26/03/2021). IST
Tim gabungan BPBD, SAR, TNI, Polri dan masyarakat melakukan pencarian terhadap 3 mahasiswa UNP yang terseret air bah di Air Terjun Tiga Tingkat Lubuk Hitam, Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Padang, Jumat (26/03/2021). IST

JERNIHNEWS.COM-Sebanyak 3 dari 16 mahasiswa UNP dan Unand yang berekreasi ke Air Terjun Tiga Tingkat Lubuk Hitam, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang dikabarkan meninggal akibat terseret air bah, Jumat (26/03/2021) sekitar pukul 16.00 WIB. Namun baru satu jenazah korban yang ditemukan.

"Yang ditemukan jenazah Felisia Honesti," kata Wakil Dekan I FT UNP, Dr. Waskito, MT kepada jernihnews.com pukul 23.02 WIB, sembari mengatakan pencarian oleh BPBD, SAR, TNI, Polri dan lainnya dilanjutkan besok pagi, mengingat medan yang sulit. Yang masih membantu melakukan pencarian lewat tengah malam hanyalah masyarakat setempat.

Keterangan resmi Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang yang dikirim oleh WD III FT UNP, Dr. Mukhlidi, tiga orang korban yang hilang yakni Dela (21 tahun) mahasiswi Teknik Sipil UNP, Felisia Honesti (21 tahun) mahasiswi Teknik Sipil UNP dan Furulian (21 tahun) mahasiswa Teknik Sipil UNP.

Dalam laporan itu disebutkan lokasi kejadian terletak di Kampung Lubuk Hitam RT 01, RW 03 Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Mahasiswa yang 1 orang itu mandi-mandi di pemandian Lubuk Hitam. Tiba-tiba pukul 16.00 WIB datang air bah, akibat hujan deras di hulu sungai, sehingga 3 orang mahasiswa terseret oleh air bah.

Berikutnya bantuan datang dari Tim TRC BPBD Kota Padang bersama Basarnas, TNI, Polri, Tagana, KSB, aparatur kecamatan dan instansi terkait serta masyarakat melakukan pencarian.

"Pencarian masih terus dilakukan," kata Mukhlidi yang saat dihubungi tengah berada di Polsek Bungus Teluk Kabung, sembari mengatakan korban yang telah ditemukan dan dibawa ke RS. Bhayangkara, Jati, Padang untuk visum dan penanganan lebih lanjut.

Berikutnya Mukhlidi mengirimkan laporan dari Camat Bungus Teluk Kabung tentang kronologis kejadian.

Sekira pukul 15.00 WIB, sebanyak 16 orang mahasiswa (10 laki-laki dan 6 perempuan) dengan keterangan 15 mahasiswa UNP dan 1 mahasiswa Unand berkunjung ke lokasi Wisata Alam Air Terjun 3 Tingkat Lubuk Hitam dengan tujuan berwisata mandi-mandi.

Mereka menaiki tempat wisata air terjun bertingkat itu mulai dari tingkat 1, terus ke tingkat 2 dan terus ke tingkat 3. Pada saat itu hujan sudah mulai turun.

Ketika perjalanan menuju ke tingkat 3, tiba-tiba air sungai membesar/air bah datang. 4 orang dari mereka yang berjalan di tepi sungai dan hendak menyeberang ke sebelah sungai itu diseret oleh air bah ke dalam sungai.

1 orang dari 4 orang bisa terselamatkan. Sedangkan yang 3 orang terseret oleh derasnya aliran air sungai Lubuk Hitam yang banyak batu-batuan besar. Sampai pukul 18.30 WIB Tim Sar, Kepolisian, TNI bersama warga setempat masih berusaha melakukan pencarian hingga ditemukan 1 orang dari korban dalam kondisi meninggal.

WD 3 FT UNP, Dr. Mukhlidi mengatakan kegiatan mengunjungi lokasi wisata alam itu bukan kegiatan kampus. Tapi murni kegiatan rekreasi yang dilaksanakan mahasiswa itu secara bersama-sama. Dia turut berlangsungkawa mendalam atas musibah tersebut. (erz)