Qori Turki Nara Sumbar di Talk Show Motivasi Rumah Quran Al-Irsyad

oleh -459 klik
Narasumber dan moderator yang akan tampil di Talk Show Rumah Alquran Al-Irsyad, Nagari Taeh Bukik, Kabupaten Limapuluh Kota. JNC
Narasumber dan moderator yang akan tampil di Talk Show Rumah Alquran Al-Irsyad, Nagari Taeh Bukik, Kabupaten Limapuluh Kota. JNC

JERNIHNEWS.COM-Rumah Alquran Al-Irsyad Nagari Taeh Bukik, Kabupaten Limapuluh Kota melaksanakan Talk Show Motivasi Alquran, pada Minggu (11 April 2021) mendatang di Lapangan Home Stay Tombak Resort, Jorong Talago, Taeh Bukik.

Panitia Pelaksana Kegiatan, Desi Kurnia Putri mengatakan nara sumber pada Talk Show itu Ustadz Syamsuri Firdus, qori internasional Turki. Sedangkan moderator Ustadz Akhlaqul Imam.

Acara yang dilaksanakan Rumah Alquran Al-Irsyad yang didukung oleh semua unsur Nagari Taeh Bukik ini rencananya juga dihadiri Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, H. Safaruddin Dt. Bandaro Rajo. "Insya Allah hadir bupati nanti," kata Desi Kurnia Putri, kepada jernihnews.com, Selasa (23/03/2021).

Kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Jumlah peserta yang hadir diperkirakan setidaknya 200 orang. Peserta utama adalah santri Rumah Quran Al-Irsyad yang jumlahnya kini sebanyak 150 orang. Acara ini juga terbuka untuk umum, namun mesti mematuhi prokes Covid-19.

Dijelaskan oleh Desi Kurnia Putri yang merupakan Pembina Utama Rumah Alquran Al-Irsyad, Motivasi Al-Qur'an artinya bagaimana mendekatkan diri dengan Al-Qur'an dengan mempelajari tilawah, tartil, hifzhil, dan semua cabang lomba MTQ lainnya.

Meski baru berdiri sejak 5 bulan lalu, namun Rumah Alquran Al-Irsyad telah sukses mewisuda 48 santrinya. Para wisudawan hafal Alquran mulai dari setengah juz hingga 3,5 juz. Menariknya, santri tidak hanya anak dan remaja, tetapi juga kalangan dewasa. Santri mulai dari usia 3,5 tahun hingga tak terbatas. Ada juga santri yang sudah tua.

Rumah Alquran Al-Irsyad lahir di masa pandemi Covid-19. Desi Kurniati Putri yang kuliah di Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (Unand) semester VI selama pandemi mengikuti perkuliahan dengan sistem daring. Dia kuliah dari kampungnya di Taeh Bukik. Selama kuliah daring dari kampung, banyak waktu luang. Dia pun berinsiatif membuka Rumah Alquran Al-Irsyad.

Alhamdulillah, bak gayung bersambut, gagasan mahasiswi yang hafal 8 juz Alquran ini didukung oleh orang tua, keluarga dan pihak nagari. Tak menunggu lama, dalam hitungan bulan Rumah Alquran yang didirikannya ternyata maju pesat. Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumbar Irsyad Syafar pun sudah datang berkunjung ke Rumah Alquran Al-Irsyad.

Wali Nagari Taeh Bukik dan para perangkatnya juga telah sepakat menjadikan Rumah Alquran Al-Irsyad sebagai program unggulan di nagari itu. Karena seiring dan sejalan dengan pemerintahan nagari, maka Rumah Alquran yang diinisiasi Desi Kurniati Putri dan juga rekan-rekannya kini maju pesat. (erz)