Ekspedisi 30 Gunung, Khatam 30 Juz Alquran

oleh -86 klik
Rencana mendaki 30 puncak gunung di Indonesia sembari mengkhatamkan Alquran, itulah  misi yang diusung dalam ekspedisi pendakian yang digagas komunitas asal Bekasi, Samawe Adventure. NET
Rencana mendaki 30 puncak gunung di Indonesia sembari mengkhatamkan Alquran, itulah misi yang diusung dalam ekspedisi pendakian yang digagas komunitas asal Bekasi, Samawe Adventure. NET

JERNIHNEWS.COM- Mendaki 30 puncak gunung di Indonesia sembari mengkhatamkan Alquran, itulah misi yang diusung dalam ekspedisi pendakian yang digagas komunitas asal Bekasi, Samawe Adventure.

Raden Bambang Adi Wijaya, salah satu founder Samawe Adventure sekaligus pendaki utama dalam ekspedisi 30 Summits, menjelaskan kickoff kegiatan bakal dilakukan 26 Mei 2021.

"Gunung pertama yang akan kita daki adalah Leuser di Aceh," katanya di Jakarta, Kamis (18/03/2021), sebagaimana dilansir dari Republika .

Pria yang akrab disapa Awe ini menjelaskan ekspedisi ini rencananya berdurasi sekitar 11 bulan. Dari 30 puncak gunung tersebut, nantinya dibagi ke dalam tiga etape pendakian. Pendaki yang akan terlibat berjumlah enam orang. Rinciannya, dua pendaki utama dan dua pendaki lokal, serta dua orang videografer.

"Etape pertama wilayah Sumatera. Gunung yang didaki rencananya Leuser, Singgalang-Merapi, Kerinci, dan Dempo di Palembang. Selanjutnya etape kedua gunung di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Lalu etape ketiga wilayah Sulawesi, Kalimantan, Ambon, dan Papua," paparnya.

Awe mengatakan pada setiap puncak gunung nantinya diniatkan bisa tuntas satu juzz Alquran. Dengan 30 puncak yang disambangi, ia berharap, rencana khatam Alquran bisa diwujudkan.

"Dalam eksepedisi ini kita mencoba merekam semua kondisi faktual dari setiap gunung melalui video. Tapi kami tidak hanya sekadar mendaki saja tetapi ada misi yang bersifat refleksi dengan cara melantunkan ayat Alquran dari atas gunung," ujarnya.

Anna saragih, salah satu pegiat pariwisata asal Temanggung, menyambut positif ekspedisi yang dilakukan Samawe Adventure. Ia berharap kegiatan ini bisa memberikan dampak untuk menggeliatkan pariwisata di daerah, khususnya di daerah Temanggung.

"Temanggung itu masih belum banyak dikenal jika dibandingkan dengan wisata di Wonosobo yang ada Dieng. Padahal di Temanggung itu memiliki banyak spot wisata yang menarik. Inilah yang kita harapkan semoga ekspedisi Samawe ini bisa mendorong banyak hal di daerah kami," katanya. (pr)