Harau Selalu Asyik Dikunjungi

oleh -721 klik
Bermain dan uji nyali di Air Terjun Lembah Harau, Minggu (21/03/2021). IST
Bermain dan uji nyali di Air Terjun Lembah Harau, Minggu (21/03/2021). IST

JERNIHNEWS.COM-Lembah Harau adalah salah satu keindahan alam luar biasa yang dititipkan Sang Maha Pencipta di muka bumi. Ukiran alam pada tebing-tebing tinggi dengan beberapa air terjun serta udara yang sejuk nan alami, membuat orang selalu rindu untuk datang. Spot-spot keindahannya sungguh tak dapat dijumpai di tempat lain.

Kampung Eropah di Lembah Harau. NET
Kampung Eropah di Lembah Harau. NET

Beberapa destinasi wisata di Lembah Harau yang masing-masingnya memiliki keunggulan tersendiri saling melengkapi keberadaannya sebagai salah satu pilihan utama tujuan wisata di Pulau Sumatera. Jika Indonesia Bagian Tengah punya Bali dan Indonesia Bagian Timur Punya Lombok NTB serta Raja Empat di Papua Barat, maka Harau adalah tujuan wisata yang wajib dikunjungi di Indonesia Bagian Barat.

View Lembah Harau yang mengagumkan. NET
View Lembah Harau yang mengagumkan. NET

Lembah Harau terletak di Kecamatan Harau, Kebupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat. Berjarak 140 Km dari Kota Padang, Ibukota Sumatera Barat dan 135 Km dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Sedangkan dari Kota Bukittinggi 45 Km. Dari Kota Pekanbaru, Provinsi Riau berjarak sekitar 180 Km.

Akses jalan ke Lembah Harau lancar dengan aspal yang cukup mulus. Pada setiap hari libur sebelum pandemi Covid-19, kadang terjadi kemacetan, karena membeludaknya pengunjung ke lembah wisata yang hanya berjarak sekitar 10 km saja Fly Over Kelok Sembilan yang tersohor itu.

Sarasah Bunta yang setidaknya memiliki tiga air terjun dan Kampung Eropah adalah di antara magnet yang menarik wisata di bagian timur Lembah Harau. Demikian pula dengan Air Terjun Akar Berayun, Air Terjun Sarasah Murai dan Ngalau Seribu juga menawarkan view yang mengagumkan di bagian belah barat Lembah Harau. Puluhan homestay juga siap menampung pengunjung yang ingin bermalam atau pun melaksanakan pertemuan alias convention.

Keberadaan Pondok Pesantren (Ponpes) Insan Cendikia Boarding School (ICBS) di wilayah Lembah Harau juga seolah menjadikan kasawan ini sebagai kawasan wisata dan edukasi. Kebedaraan keduanya saling mendukung, antara satu dengan lainnya. Saling menguntungkan.

Ratusan pelaku usaha kecil juga turut meraup rezeki di kawasan wisata Lembah Harau. Berbagai barang dagangan mereka sediakan untuk wisatawan. Mulai dari eneka jajanan makanan, rumah makan, aneka souvenir, kuliner oleh-oleh, hingga jasa sewa berbagai alat permainan dan uji nyali, seperti flying fox, tangga gantung dan lainnya.

Mendekati Bulan Ramadhan 1442 H, kunjungan ke Lembah Harau makin meningkat. Setiap hari ratusan bahkan ribuan pengunjung yang datang untuk berwisata. Pada Sabtu dan Minggu (20-21 Maret 2021) ribuan wisatawan berkunjung. Selain mobil pribadi, banyak pula yang menggunakan bus. Mereka datang dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Riau, Sumut, Jambi, Kepri, Sumsel, Bengkulu, Bandung dan lainnya.

"Saya memang baru kali ini datang ke sini. Benar-benar mengasyikkan. Lembah Harau ini benar-benar indah," kata Jupri dari Pekanbaru, Riau, Minggu (21/03/2021).

Jupri datang dengan bus bersama puluhan tetangganya. Anak-anaknya pun bersama rombongan turut bermain uji nyali menaiki flying fox. Spot fotonya jadi luar biasa, ketika uji nyali flying fox dilatari dengan air terjun dan tebing terjal.

Rahmat yang bekerja pada salah satu Kantor Otoritas Bandara Kemenhub RI dan keluarga besarnya kendati telah belasan kali berkunjung ke Lembah Harau, namun tetap tak ada bosannya. Keindahan alam dan kesejukkan serta keramahan yang ada di Lembah Harau membuat dia kembali datang dan datang lagi. Pria dua anak itupun turut menyicipi uji nyali flying fox di Air Terjun 3 Sarasah Bunta. Beberapa ponakannya juga turut dalam permainan uji nyali yang mengasyikkan itu.

Ribuan wisatawan berkunjung ke destinasi wisata Kampung Eropah yang dilatari tebing-tebing cadas Lembah Harau. Di Kampung Eropah terdapat miniatur bangunan-bangunan top destinasi wisata Eropah, seperti Menara Eifeel Paris, Menara Pisa, dan lainnya. Ketika berada di lokasi ini, seolah-olah pengunjung benar-benar telah berada di Eropah. Para wisatawan selalu berfoto dengan latar belakang miniatur gedung-gedung wisata kelas dunia di Eropah yang ada di Kampung Eropah tersebut.

Sebagian besar objek wisata Lembah Harau, berada di Kenagarian Tarantang. Sebagian lainnya di Kanagarian Harau. Wali Nagari Tarantang, Sudahri SW, SE kepada jernihnews.com senang dan bersyukur objek wisata di nagari yang dia pimpin selalu banyak dikunjungi oleh wisatawan. Dia pun mengimbau agar masyarakat Nagari Tarantang senantiasa memberikan kesan yang baik terhadap wisatawan. Karena keberadaan wisatawan secara otomatis turut menggerakan perekomian warga Nagari Tarantang. Banyak pelaku UKM yang menggantungkan penghidupannya di objek-objek wisata. Banyak pula warga yang kini membangun homestay. (erz)