Lakalantas Akibat Rem Dump Truck Blong, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

oleh -510 klik
Kecelakaan lalulintas antara dump truck dan enam unit sepeda motor, Rabu (17/03/2021) di Jalinsum Nagari Koto Nan Gadang Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok. Satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka. BERITANDA1.COM
Kecelakaan lalulintas antara dump truck dan enam unit sepeda motor, Rabu (17/03/2021) di Jalinsum Nagari Koto Nan Gadang Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok. Satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka. BERITANDA1.COM

JERNIHNEWS.COM-Kecelakaan maut terjadi di jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Nagari Koto Gadang Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Rabu (17 Maret 2021) sore. 1 orang meninggal, 2 luka berat dan luka ringan.

" Korban meninggal 1 orang, bukan 2 orang sebagaimana informasi beredar. Korban yang meninggal dunia, Regina Sukma Lega, (24 tahun), alamat Simpang Rumbio Kota Solok. Korban meninggal karena terhimpit badan truck," kata Kapolres Solok AKBP Azhar Nugroho melalui Kasat Lantas Iptu Hidayanda Rizki, SH, Kamis (18/03/2021) sebagaimana dilansir dari Beritatanda1.com.

Kasatlantas Hidayanda Rizki menyebutkan, selain meninggal satu orang, kecelakaan tersebut juga membuat dua korban mengalami luka berat masing-masing adalah:

Dwi Resti Fauzia (18), warga Talang, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok. Sari Yulia Novita (17) pelajar warga nagari Koto Gaek Guguak Kec. Gunung Talang Kabupaten Solok.

Kemudian empat orang korban yang mengalami luka ringan adalah:

Ferry Aidan Akmar Rambe (41) pekerjaan buruh harian lepas, warga Jalan Sakura III LK XI Blok XIX Nomor 62 RT.02 RW.011 Kel. Helvetia Kec. Medan Helvetia,

Asta Kurnia (42), pekerjaan dagang, alamat Jalan Banda Ubo No. 25 Perum Batu Kubung Kec. Kubung Kab. Solok, Musahar Dt Rajo Kubuang (66) warga Jorong Pasar Baru Nag. Koto Gadang Guguak Kec. Gunung Talang Kab. Solok.

Delkrisdel Petro ( 29) alamat jorong Guguak Nagari Koto Gadang Guguak Kecamatan Gunung Talang Kab. Solok.

Kecelakaan terjadi pada pukul 16.30 WIB ketika kondisi lalu lintas dalam keadaan ramai. Kecelakaan berawal saat dump truck Hyno B 9479 PYX yang dikemudikan Ferry Aidan Akmar Rambe datang dari arah Padang menuju Solok.

Sesampainya di TKP (tempat Kejadian perkara) dengan kondisi jalan yang menurun, mobil dump truck tersebut mengalami rem blong dan kemudian hilang kendali (out of control) hingga tidak dapat dihentikan.

Pada saat bersamaan, tiga unit sepeda motor PCX BA 5605 PF yang dikendarai Regina Sukma Lega, kemudian motor beat BA 5512 HA yang dikendari Dwi Resti Fauzia dengan memboncengi Sari Yulia Novita dan motor Honda Beat BA 6789 HY yang dibawa Asta Kurnia, akan mendahului mobil dump truck dari arah yang bersamaan.

Namun karena dump truck mengalami rem blong, sopir membelokkan kendaraan ke kiri sehingga menabrak pengendara motor PCX BA 5605 PF Regina Sukma Lega, hingga korban tersebut terjatuh dari motor yang di kendarainya.

Begitu pengendara motor PCX terjatuh, kemudian sopir dump truck membanting stir kekanan, hingga rebah dan menghimpit pengendara motor PCX, hingga lengser ke depan serta menabrak pengendara Honda Beat BA 5512 HA Dwi Resti Fauzia dan pengendara motor Honda Beat BA 6789 HY, Asta Kurnia.

Karena dump truck memasuki lajur lawan, korban susulan tidak teralakkan. Mobil dump truk nahas itu juga menabrak lagi dua kendaranan sepeda motor Yamaha Mio BA 3636 HM dan Honda Scopy BA 3646 HD yang saat itu sedang diperbaiki di bengkel yang berada di pinggir jalan.

" Akibat kecelakaan ini, Regina Sukma Lega yang mengendarai Honda PCX BA 5605 PF meninggal dunia. Sedangkan sopir dump truck beserta pengendara motor lainnya mengalami luka berat dan ringan," sebut Rizky.

Para korban langsung dilarikan ke RSUD Arosuka, sedangkan kendaraan yang terlibat kecelakaan telah diamankan di Sat Lantas Polres Solok.

Kecelakaan tersebut juga membuat jalan lintas sumatera Solok-Padang yang selalu padat kendaraan tersebut menjadi macet parah dari dua arah. Kondisi dump truck yang melintang jalan membuat kendaraan lain tak bisa melintas.

Hidayanda Rizky menghimbau, para pengemudi yang melintasi wilayah Kabupaten Solok, agar selalu berhati-hati. Ia mengingatkan, karena kondisi jalan banyak tikungan, turunan, dan tanjakan yang tajam sehingga rawan terjadinya kecelakaan.

" Apalagi saat curah hujan meningkat jalan licin, pastikan kondisi Rem kendaraan dalam kondisi Baik dan Patuhi aturan Berlalu lintas," katanya mengingatkan. (pr)