SMAN 1 LSH Ingin Lulusannya Lebih Banyak Lagi Jadi Mahasiswa Undangan

oleh -144 klik
Arizon, M.Pd, Kepala SMAN 1 Lareh Sago Halaban (LSH) Kabupaten Limapuluh Kota. ERZ
Arizon, M.Pd, Kepala SMAN 1 Lareh Sago Halaban (LSH) Kabupaten Limapuluh Kota. ERZ

JERNIHNEWS.COM- Dalam masa pandemi Covid-19, SMA Negeri 1 Lareh Sago Halaban (LSH) Kabupaten Limapuluh Kota menyelenggarakan proses belajar mengajar (PBM) baik secara tatap muka atau pun sistem daring. Salah satu fokus sekolah ini adalah mempersiapkan siswa kelas XII menghadapi Ujian Akhir Sekolah. Selanjutnya mengoptimalkan agar para lulusan dapat diterima di perguruan tinggi melalui jalur undangan.

Kepala SMAN 1 LSH, Arizon M.Pd mengatakan minat siswanya melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi makin lama terus meningkat. Lulusan sekolah ini pun banyak diterima di berbagai perguruan tinggi mentereng di tanah air, seperti IPB University, Unand, UNP, Unri, Politeknik Negeri Padang (PNP) dan lainnya. Pada tahun 2020, jumlah lulusan SMAN 1 LSH yang diterima melalui jalur mahasiswa undangan atau program seleksi nilai sebanyak 154 orang. Sedangkan total yang kuliah 184 orang dari 260 lulusan. Artinya lebih dari 75 persen lulusannya melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

"Minat siswa kita untuk kuliah semakin meningkat. Kalau dulu setamat dari sekolah ini, banyak yang jadi pelayan toko. Kini tidak lagi. Kesadaran tentang pentingnya pendidikan semakin tinggi," sebut Erizon S.Pd Wakil Kepala SMA N 1 LHS kepada jernihnews.com beberapa hari lalu di sekolah tersebut.

Selain tengah menghadapi proses ujian akhir sekolah, sebagian siswa juga tampak sibuk mengisi formulir dan perlengkapan lainnya untuk usulan menjadi calon mahasiswa undangan. Banyak siswa yang bergantian masuk ke ruang kepala sekolah dan wakil kepala sekolah minta tanda tangan formulir usulan mahasiswa undangan.

SMAN 1 LSH mulai berdiri 16 Juni 1983 atau 38 tahun silam. Jumlah lulusannya sudah lebih dari 5.000 orang. Lulusan tersebut telah berkiprah atau berkarir di berbagai bidang, baik ASN/TNI-Polri, BUMN-BUMD, pengusaha, politikus, dosen, guru dan lain sebagainya.

"Alumni kita ada yang jadi tentara hingga berpangkat kolonel, wakil bupati, anggota DPRD, dosen, guru, kontraktor, wiraswasta dan lain sebagainya. Alhamdulillah sudah banyak yang berhasil," kata Erizon.

Kepala SMAN 1 LHS, Arizon M.Pd optimis tahun 2021 ini lebih banyak lagi lulusan sekolah yang dipimpinnya ini diterima di perguruan tinggi. Baik melalui jalur mahasiswa undangan (SNMPTN) atau pun dengan ujian bersama (SBMPTN), jalur mandiri dan lainnya. Pihak sekolah melalui BK berupaya membimbing siswa calon lulusan mencari perguruan tinggi dan program studi yang tepat untuk masing-masing siswa yang berkeinginan melanjutkan pendidikannya melalui jalur undangan.

"Kita optimis, tahun ini lebih banyak lagi yang diterima di perguruan tinggi. Insyaallah, mudah-mudahan tercapai," kata Arizon, Selasa (09/03/2021). (erz)