SMK Al Fatih Pasbar Buka Pendaftaran Siswa Baru Secara Online

oleh -109 klik
SMK Al Fatih Pasbar yang mulai menerima pendaftaran calon siswa baru dengan tiga gelombang secara online untuk tahun pelajaran 2021-2022. RIZAL
SMK Al Fatih Pasbar yang mulai menerima pendaftaran calon siswa baru dengan tiga gelombang secara online untuk tahun pelajaran 2021-2022. RIZAL

JERNIH NEWS.COM-Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al Fatih Pasaman Barat (Pasbar) yang memiliki visi, mewujudkan sekolah yang kompetitif, bermutu dan berakhlak mulia mulai membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2021-2022 pada awal Bulan Maret 2020. Pendaftaran siswa baru tersebut dilaksanakan dengan sistem online dan terbagi dalam tiga gelombang pendaftaran.

Kepala Sekolah SMK Al Fatih, Benni Aziz mengatakan, PPDB Online terbagi dalam tiga tahapan pendaftaran. Gelombang I PPDB akan berlangsung dari 01 Maret hingga 02 April 2021. Gelombang II dari tanggal 03 April sampai 03 Mei 2021 dan gelombang ketiga, 05 Mei hingga 30 Juni 2021.

"PPDB Online tersebut kita lakukan untuk meminimalisir kerumunan orang tua murid dan calon siswa saat proses penerimaan dan mencegah penyebaran COVID-19," kata Benni kepada awak media, Jumat, (12/03/2021).

Benni menambahkan, para orang tua bisa mendaftarkan anaknya secara online melalui https://bit.ly/3scqcJm.Namun jika orang tua siswa memiliki kendala saat pendaftaran online bisa meminta bantuan kepada pihak sekolah terdahulu.

"Bisa daftar online secara mandiri atau kolektif dari sekolah terdahulu. Kalau ada kendala jadi akan dibantu oleh sekolah terdahulu dan sekolah tujuan," terangnya.

Benni menjelaskan, adapun persyaratan yang harus disiapkan oleh siswa yang ingin mendaftar seperti, fotocopi ijazah SMP/MTS/Paket B (tiga lembar), fotocopy KK (tiga lembar), fotocopy akta kelahiran (tiga lembar), pas photo 3-4 dan 4-6 (dua lembar) dan Surat Keterangan Lulus (tiga lembar).

Benni menjelaskan lagi, sebagai sekolah kejujuran, SMK Al Fatih memiliki beberapa jurusan pembelajaran, di antaranya adalah Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM).

Selain itu SMK Al Fatih juga mengadakan kegiatan praktik langsung ke lapangan dan berbagai kegiatan ekstrakurikuler untuk siswa seperti pramuka, seni tari, sepak bola dan PMR.

"Ada tiga jurusan di SMK ini, tenaga pengajar juga merupakan orang-orang yang berpengalaman dan berkualitas, dengan total seluruh tenaga pengajar 18 orang," ungkap Benni.

Sementara itu, SMK AL Fatih juga menyedikan pendaftaran khusus untuk siswa berprestasi dan kurang mampu. Siswa yang mendaftar melalui jalur khusus, nantinya juga akan mendapatkan keringanan biaya sekolah.

"Kita juga menyediakan pendaftaran melalui jalur khusus, salah satunya adalah biaya pendaftaran gratis untuk 10 orang pertama yang mendaftar," jelas Benni.

Selain itu, siswa yang berprestasi dan masuk dalam rangking 10 besar selama SMP, juga akan digratiskan biaya SPP selama satu tahun. Dan bagi anak yatim dan kurang mampu biaya SPP akan mendapatkan diskon sebesar 50 persen.

"Kita juga memberikan Dispensasi atau kemudahan bagi siswa berprestasi, anak yatim dan kurang mampu, salah satunya adalah pemotongan biaya SPP," kata Benni mengakhiri.(rzl)