Penerima Beasiswa IDI Itu Sukses Wujudkan Mimpi

oleh -213 klik
Muhammad Abdio. IST
Muhammad Abdio. IST

JERNIHNEWS.COM-"Syukur Alhamdulillah. Berkat doa kedua orangtuaku serta keluarga besar Arison dan Ifriadi (Alm), aku bisa mewujudkan mimpi yang selama ini aku kejar," tulis Muhammad Abdio dalam pesan WA yang dikirimnya ke redaksi Jernihnews.com.

Abdio, sukses lulus dalam ujian skripsi pada Selasa (02/03/2021) pukul 15. 00 WIB. Menjadi seorang sarjana adalah mimpinya sejak kecil. Selaku anak yang berasal dari keluarga sangat sederhana dan tinggal jauh di pelosok nagari, tentu saja menjadi sarjana adalah sesuatu yang tidak gampang mewujudkannya.

Namun berkat kegigihannya, Muhammad Abdio kelahiran Nagari Talang Anau, Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota dapat menggapai mimpinya.

Campur tangan dan dukungan berbagai pihak di dalam memotivasi, membimbing dan memberikan beasiswa adalah bagian dari proses kesuksesan Abdio di dalam merealisasikan mimpinya.

M. Abdio berhasil lulus ujian skripsi dengan nilai 92,5 atau A. Dia kuliah pada Program Studi (Prodi) Sosiologi Agama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi.

Alumni Pondok Pesantren Ma'arif As Sa'adiyah Batu Nan Limo Simalanggang, Kabupaten Limapuluh Kota ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantunya selama ini.

Pertama dia berterima kasih kepada pemberi beasiswa bagi kelangsungan studinya, yakni kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumbar terkhususnya dr. Ucok dan dr. Rahmawati. IDI Sumbar sejak tujuh tahun belakangan memang bekerja sama dengan Ponpes Ma'arif As Sa'adiyah dalam pemberian beasiswa bagi alumni ponpes itu yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi, terutama di Sumbar.

Berikutnya Abdio juga berterima kasih kepada para dosen Prodi Sosialogi IAIN Bukittinggi, yakni Dr. Silfia Hanani, M.Si selaku Pembimbing Akademik (PA), Vivi Yulia Nora, M.Si (Ketua Jurusan), Januar M.Pd dan Dr. Muhiddinur Kamal M.Pd (pembimbing skripsi). Berikutnya terima kasih juga kepada para dosen penguji skripsi, yaitu Dr. Silfia Hanani, M.Si dan Dr. Hardi Putra Wirman, MIP.

Pimpinan Pondok Pesantren Ma'arif As Sa'adiyah, KH. Sudirman Syair sangat gembira alumni ponpesnya yang selama ini menerima beasiswa dari IDI telah berhasil lulus dalam ujian skripsi dan sebentar lagi akan menjadi seorang sarjana.

"Syukur alhamdulillah. Saya mengucapkan selamat dan sukses kepada Abdio. Semoga ananda sukses dalam dunia kerja nantinya setelah wisuda," kata Sudirman Syair, sembari mengatakan bahwa kini Andio masih mengabdi dan membantu operasional di Ponpes Ma'arif As Sa'adiyah.

Menurut KH. Sudirman Syair, hingga kini sudah puluhan jumlah lulusan Ponpes yang dipimpinnya berhasil lulus kuliah di berbagai perguruan tinggi atas beasiswa kerja sama Ponpes Ma'arif As Sa'adiyah dengan IDI Sumbar. Alumni ponpes ini juga sudah ada yang tamat kuliah di Al-Azhar Mesir.

"Mereka juga sudah banyak yang berkerja dan berhasil berkarir di berbagai bidang," sebut pria berusia 68 tahun tersebut. (erz)