Sudahri Terpilih Sebagai Ketua Persatuan Wali Nagari Limapuluh Kota

oleh -181 klik
Wali Nagari peserta Musda Perwanaliko bersama dengan Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo di sela-sela Musda, Rabu (03/03/2021). ERZ
Wali Nagari peserta Musda Perwanaliko bersama dengan Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo di sela-sela Musda, Rabu (03/03/2021). ERZ

JERNIHNEWS.COM-Persatuan Wali Nagari Limapuluh Kota (Perwanaliko) menggelar Musyawarah Daerah (Musda) untuk memilih ketua dan jajaran pengurus yang baru. Musda dilaksanakan Rabu (30/03/2021) di Aula Kampung Eropah. Wali Nagari Tarantang, Sudahri S, SE terpilih sebagai Ketua Perwanaliko Periode 2021-2025.

Musda Perwanaliko 2021 dibuka secara resmi oleh Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, H. Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, SH dan dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Pemerintahan Nagari Kabupaten Limapuluh KotaAhmad Zuhdi Pramana Putra, Ketua Perwanaliko 2013-2021 Ilmaizar dan Sekretaris Nanda Salman serta para wali nagari se-kabupaten Limapuluh Kota.

Ketua Perwanaliko terpilih, Sudahri mengatakan setelah terpilih dia pun bersama tim formatur lainnya telah selesai menyusun kepengurusan Perwanaliko baru yang bertugas untuk empat ke depan. Pelantikan direncanakan dilaksanakan sekitar awal Bulan April 2021 dengan turut menghadirkan Gubernur Sumbar Mahyeldi.

"Alhamdulillah kepengurusan telah selesai disusun. Insyaallah pelantikan di awal April. Kita rencanakan juga akan dihadiri Gubernur Sumbar Mahyeldi. Mudah-mudahan bisa terlaksana dengan baik," kata Sudahri yang dalam Musda Perwanaliko bertindak sebagai tuan rumah, karena diselenggarakan di Kampung Eropah yang keberadaannya masuk dalam wilayah Nagari Tarantang, Kecamatan Harau.

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dalam sambutannya mengaku merasa senang hadir di tengah-tengah Wali Nagari se-Kabupaten Limapuluh Kota. Apa lagi dia juga merupakan mantan wali nagari tahun 1993 yang kedudukannya sama dengan Wali Nagari di Baruah Gunuang.

Safaruddin mengatakan bahwa dia sangat serius memperhatikan nagari, karena nagari merupakan pemerintahan terendah setelah Presiden, Gubernur dan Bupati. Wali Nagari merupakan ujung tombak dari pemerintahan, terutama pemerintahan kabupaten. Karena itu dia meminta para wali nagari untuk sungguh-sungguh melaksanakan tugas, dan ikuti aturan yang berlaku, sehingga tidak berurusan dengan masalah hukum.

Bupati Safaruddin juga menyebut kendati baru tiga hari secara resmi dilantik sebagai Bupati Limapuluh Kota, namun sudah 5 orang wali nagari yang berkunjung ke ruangannya di Kantor Bupati. Bahkan, memasuki hari ketiga menjadi Bupati, dia juga langsung bertemu dengan para wali nagari se-Kabupaten Limapuluh Kota di acara Musda Perwanaliko.

Safaruddin mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya Musda Perwanaliko Tahun 2021 yang dilaksanakan di Aula Kampung Eropah. Dia mengapresiasi Wali Nagari Tarantang, Sudahri S SE, yang telah membantu memfasilitasi tempat penyelenggaraan kegiatan Musda. Mantan anggota DPRD Limapuluh Kota 5 periode dan anggota DPRD Sumbar 1 periode itu meminta agar para Wali Nagari senantiasa memberikan masukan-masukan yang konstruktif bagi kemajuan Kabupaten Limapuluh Kota ke depan.

Selain itu, pria yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang Kecamatan Gunung Omeh juga meminta para wali nagari mensingkrinkan program program pembangunannya dengan RPJMD Kabupaten Limapuluh Kota dan juga RPJMD Sumatera Barat dan nasional. "Agar pembangunan yang dilaksanakan di nagari bisa sejalan dengan kabupaten, provinsi, hingga nasional," kata Safaruddin. (erz)