IPDN Kampus Sumbar Kunjungi Nagari Sitapa

oleh -2191 klik
Perangkat Nagari Sikabu-kabu Tanjung Haro Padang Panjang, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota saat menerima kunjungan Tim IPDN Kampus Sumbar, Senin (01/03/2021). DOK. NAGARI SITAPA
Perangkat Nagari Sikabu-kabu Tanjung Haro Padang Panjang, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota saat menerima kunjungan Tim IPDN Kampus Sumbar, Senin (01/03/2021). DOK. NAGARI SITAPA

JERNIHNEWS.COM-Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Sumatera Barat melakukan studi banding penerapanan Sistem Informasi Desa/Nagari berbasis IT ke Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang (Sitapa), Senin (01/03/2021).

Kunjungan itu dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa kegiatan smart nagari atau nagari berbasis Informasi dan Teknologi (IT) dalam pengelolaan pemerintahan nagari.

Tim IPDN Kampus Regional Provinsi Sumbar yang hadir yaitu koordinator akademik dan kerja sama Hendri, SH, Sub Koordinator Bidang Kerjasama IPDN Anhal Mulya Perkasa, S.STP, M.PA, Wilka Putra,S.Kom (Pranata Komputer), Rizal Hamdi Aulia, S.Kom (Staf Unit Informasi Teknologi) dan Anggi Minalta Putra, SE. Kunjungan itu juga dihadiri DPMD/n Kabupaten Lima Puluh Kota Bidang Pemerintahan Desa, dan Camat Luak Muftil Wahyudi.

" Kedatangan IPDN ke Nagari Tanjung Haro Sikabu Kabu Padang Panjang dalam rangka studi banding, dan mempelajari lebih dalam tentang program sistem informasi desa terbuka (Open SID) untuk pelayanan publik dan pelayanan informasi publik khususnya dalam pengelolaan website nagari yang sudah diterapkan di nagari. Pemerintah nagari dan IPDN berkomitmen untuk berkolaborasi dalam pengembangan dan penerapan Open SID di nagari lain terutama untuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa kegiatan smart nagari atau nagari berbasis IT dalam pengelolaan pemerintahan di Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat," kata Tim IPDN saat menyampaikan maksud dan tujuan studi banding itu, sebagaimana dikutip dari webiste Nagari Sitapa.

Wali Nagari Sitapa, Nofrizal merasa bangga nagari yang dipimpinnya dikunjungi Tim IPDN Kampus Regional Provinsi Sumatera Barat untuk menggali lebih dalam mengenai penerapan sistem informasi desa dalam pelayanan publik dan informasi publik di pemerintahan.

"Tentunya perlu kami sampaikan, bahwa nagari kita adalah penggerak dan pelopor keterbukaan informasi, dan pelayanan secara digital di Provinsi Sumatera Barat, dan juga nagari kita adalah Sekretariat Nasional Perkumpulan Desa Digital Terbuka (OpenDesa)," katanya.

Nagari Sitapa, kata Nofrizal, tiga kali berturut turut peringkat satu sebagai nagari informatif dan keterbukaan informasi se-Sumatera Barat. Tentunya ini sebuah prestasi anak nagari yang sangat layak untuk diapresiasi. "Kita berharap keterbukaan informasi akan tetap dipertahankan , siapapun nanti pucuk pimpinan yang ada di nagari," katanya menambahkan.

Tim IPDN selain berdiskusi bersama pemerintahan nagari, mereka juga melakukan dan melihat langsung bagaimana penerapan OpenSID di nagari, bagaimana proses pelayanan menggunakan openSID, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan sistem informasi tersebut.

Herry Wanda, selaku Sekretaris Nagari dan juga sebagai Sekjen Opendesa berharap kepada Tim IPDN Kampus Regional Provinsi Sumatera Barat yang hadir untuk turut mengembangkan dan mendukung sistem informasi desa. "Mudah-mudahan juga bisa dijadikan sebagai kurikulum pembelajaran e-government (electronics government) di IPDN," sebutnya. (pr)