4 Santri Ponpes Al-Kautsar Sarilamak Hafiz 30 Juz

oleh -2255 klik
Pondok Pesantren Modern Al Kautsar Muhammadiyah Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. NET
Pondok Pesantren Modern Al Kautsar Muhammadiyah Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. NET

JERNIHNEWS.COM-Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Al Kautsar Muhammadiyah Sarilamak Kabupaten Limapuluh Kota terus berbenah dan meraih berbagai kemajuan. Kini ponpes yang memiliki empat program unggulan itu, juga telah berhasil mendidik santrinya hingga empat orang di antaranya berhasil menghafal Alquran 30 juz.

"Alhamdulillah empat santri kita sudah hafiz 30 juz," kata Wakil Mudir Bidang Pendidikan Ponpes Al Kautsar, M. Irdamsyah, S.Ag dan Wakil Mudir Bidang Sarana dan Pengembangan Pesantren, Yessi Elvira, SE, Senin (01/03/2021) kepada jernihnews.com di Ponpes Modern Al Kautsar, Jl. Raya Sumbar-Riau, Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota.

Menurut, Yessi Elvira empat santri yang hafal Al Quran 30 juz itu santri tingkat Madrasah Aliyah (MA). Mereka yakni, Rayhan Muslimin, Muhammad Adam Subhan, Reanda, dan Muhammad Nabil 'alamah.

Tahfiz memang termasuk salah satu program unggulan Ponpes Modern Al Kautsar. Program unggulan lainnya adalah bahasa asing (Arab, Inggris, Jepang dan Mandarin), informasi dan teknologi (IT) dan entrepreneur. Empat program unggulan itu diterapkan pada tingkat MTs dan juga MA yang memiliki visi "Melahirkan Santri yang Unggul dalam Ilmu, Terampil dalam Amal, dan Mulia dalam Akhlak".

Menerima Santri Baru

Pada tahun pelajaran 2021/2022, Ponpes Modern Al Kautsar Muhammadiyah Sarilamak kembali menerima santri baru. Jumlah total santri yang akan diterima untuk MTs dan MA sebanyak 200 orang. Untuk MTs sebanyak empat rombongan belar (lokal) dan MA tiga lokal. Jumlah penerimaan santri baru disesuaikan dengan jumlah lokal dan fasilitas yang tersedia di ponpes modern yang terletak di jalur strategis tersebut.

Meski masih awal Bulan Maret 2021, namun jumlah calon santri yang telah mendaftarkan diri masuk ke Ponpes Modern Al Kautsar untuk Tahun Pelajaran 2021-2022 jumlahnya sudah 135 orang atau atau 65 persen. Siswa tersebut berasal dari wilayah Sumbar, Riau, Kepri dan provinsi lainnya. Rencananya pendaftaran akan ditutup pada April 2021.

"Alhamdulillah, antusias orang tua memasukkan anaknya ke Ponpes Modern Al Kautsar cukup tinggi. Mereka berasal dari berbagai provinsi," sebut Yessi.

Ponpes Modern Al Kautsar juga memiliki kegiatan ekstrakurikuler, meliputi; Tahfiz Centre, Muhadarah Empat Bahasa, Seni Bela Diri Tapak Suci, Kepanduan Hisbul Wathan, Sanggar Seni Kaligrafi dan Tari, Nasyid, Lukis, Drama, Forum Aktif Menulis, Jurnalistik Training Centre, Pelatihan Kader Taruna Melati, Pelatihan Dai Pelajar Kutbah Jumat, Olahraga, Study Club, Tilawah, Desain Grafis/IT, Entrepreneur dan Broadcasting (perfilman dan video). (erz)