Pesan Kepada Suhatri Bur-Rahmang , Selesaikan Terobosan Ali Mukhni yang Belum Tuntas

oleh -575 klik
Suhatri Bur, SE, MM dan Drs. Rahmang, MM adalah Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman yang baru dilantik oleh Gubernur Sumbar, Jumat (26/02/2021) di Padang. HUMAS
Suhatri Bur, SE, MM dan Drs. Rahmang, MM adalah Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman yang baru dilantik oleh Gubernur Sumbar, Jumat (26/02/2021) di Padang. HUMAS

JERNIHNEWS.COM-Suhatri Bur, SE, MM dan Drs. Rahmang, MM selaku Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Padang Pariaman yang baru saja dilantik, Jumat (26/02/2021) oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi, diminta untuk segera bergerak cepat menunaikan janji-janji politik. Dan yang menjadi catatan adalah mesti menuntaskan terobosan-terobosan yang telah dilakukan oleh Ali Mukhni, Bupati Padang Pariaman sebelumnya.

Hary Efendi Iskandar, SS, MA, tokoh muda Kabupaten Padang Pariaman yang juga akademisi Universitas Andalas. IST
Hary Efendi Iskandar, SS, MA, tokoh muda Kabupaten Padang Pariaman yang juga akademisi Universitas Andalas. IST

Pesan dan catatan itu disampaikan oleh tokoh muda Kabupaten Padang Pariaman yang juga seorang akademisi, Hary Efendi Iskandar, SS, MA kepada jernihnews.com, siang ini.

Masjid Raya Al Mughni Padang Pariaman. Salah satu pembangunan yang menonjol yang dilakukan Bupati Ali Mukhni, masa jabatan (2011-2021). NET
Masjid Raya Al Mughni Padang Pariaman. Salah satu pembangunan yang menonjol yang dilakukan Bupati Ali Mukhni, masa jabatan (2011-2021). NET

"Segera bekerja serius untuk membuktikan janji-janji politik pada masa kampanye. Hal ini penting untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap pemerinrah daerah. Jika bupati tidak serius melaksanakan janji-janji maka kepala daerah tidak dihormati di mata masyarakat . Hal itu akhirnya tidak akan menyehatkan dunia politik, demokrasi, dan pemerintahan. Jika dunia politik tidak lagi menghadurkan ketauladan, maka tinggal menunggu waktu, negeri ini akan mengalami pengeroposan dari dalam," kata Hary.

Menurut dosen Universitas Andalas ini, banyak terobosan yang telah dilakukan oleh Bupati Padang Pariaman sebeleumnya, di antaranya soal Tarok City, pembangunan ekonomi di sepanjang pantai barat Padang Pariaman dan seterusnya. Terobosan-terobosan itu belum sepenuhnya tuntas oleh bupati sebelumnya. "Ini adalah menjadi kerja lanjutan yang mesti dilakukan oleh Bupati Suhatri Bur-Rahmang," katanya menegaskan.

Lebih lanjut dikatakan, letak Padang Pariaman yang strategis karena berdampingan dengan Kota Padang sebagai ibukota provinsi yang memiliki potensi sda/sdm. Potensi itu menjadi modal bupati terpilih untuk dapat melakukan percepatan pembangunan Padang Pariaman. Akan tetapi modal tersebut tidak akan efektif jika Suhatri Bur- Rahmang tidak dapat mengelolanya dengan baik.

Berikutnya, setelah dilantik, Suhatri Bur-Rahmang harus mampu menempatkan posisinya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman. Mereka harus keluar dari sekat-sekat kedaerahan, kelompok, tim sukses dan seterusnya.

"Mereka harus betul-betul menempatkan posisinya sebagai pelayan rakyat Padang Pariaman tanpa kecuali," sebut aktivis eksponen 1998 itu.

Munculnya isu tentang Padang Pariaman Bagian Utara dan Padang Pariaman Bagian Selatan dalam masa Pilkada adalah salah satu bentuk belum meratanya agenda pembangunan di kabupaten ini. Dengan kombinasi Suhatri Bur yang berasal dari bagian selatan dan Rahmang yang berasal dari utara diharapkan dapat mendorong pemerataan pembangunan di berbagai nagari sehingga isu itu tidak muncul lagi saat pilkada mendatang.

Terus terkait pembangunan jalan tol, Suhatri Bur- Rahmang tidak hanya bergerak cepat mendorong percepatan pembangunan ruas tol yang melintasi wilayah Kabupaten Padang Pariaman, akan tetapi juga perlu mengambil terobosan agar pembangunan ini juga dapat memajukan ekonomi masyarakat Padang Pariaman.

Sebagaimana diketahui Suhatri Bur sebelum menjadi Bupati Padang Pariaman, menjabat sebagai Wakil Bupati mendampingi Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni pada periode 2016 -2021. Sedangkan Rahmang, sebelum menjabat Wakil Bupati adalah Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Padang Pariaman.

Ali Mukhni selama 10 tahun menjadi Bupati Padang Pariaman banyak melakukan terobosan dan berhasil meyakinkan pemerintah pusat untuk turut membangun proyek-proyek besar di Kabupaten Pariaman. Terobosan itu antara lain, membangun Tarok City, Politeknik Kelautan dan Perikanan, MAN Insan Cendikia, Masjid Raya Al Mughni, Main Stadion, Asrama Haji Sumbar dan lainnya. (erz)